alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Belasan Tower BTS di Tana Toraja Tak Setor Pajak ke Pemerintah

Joni Lembang
Belasan Tower BTS di Tana Toraja Tak Setor Pajak ke Pemerintah
Komisi III DPRD Tana Toraja meninjau salah satu tower selular di kecamatan Sangalla yang tidak bayar pajak retribusi daerah. Foto: SINDOnews/Joni Lembang

TORAJA - Komisi III DPRD kabupaten Tana Toraja meminta Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) bertindak tegas terhadap pemilik tower Base Transmission Station (BTS) yang tidak membayar pajak.

Pasalnya, sejumlah tower BTS yang beroperasi di berbagai titik di wilayah kabupaten Tana Toraja tidak membayar pajak sesuai dengan nominal yang sudah ditentukan dalam peraturan daerah (Perda).

"Pemkab Tana Toraja melalui Dinas Kominfo harus tegas terhadap provider selular yang enggan bayar pajak atau retribusi ke daerah dengan mencabut izin menara," ujar Ketua Komisi III DPRD Tana Toraja, Kristian HP Lambe saat meninjau sejumlah tower selular yang tidak bayar pajak retribusi daerah, Minggu (1/9/2019).



Salah satu titik tower BTS yang tidak bayar pajak retribusi daerah yang ditinjau Komisi III berada di kecamatan Sangalla. Tower tersebut merupakan milik PT Protelindo yang diketahui sudah setahun tidak membayar pajak.

Kristian mengatakan, pemilik BTS yang tidak membayar pajak retribusi sangat merugikan daerah terutama dari sektor pendapatan. Apalagi, pajak retribusi tower BTS, satu-satunya sumber pendapatan asli daerah (PAD) Dinas Kominfo kabupaten Tana Toraja.

Komisi III pun meminta kepada Dinas Kominfo untuk tidak segan-segan mencabut izin tower BTS yang tidak membayar pajak retribusi daerah. Selain itu, Dinas Kominfo juga diminta bertindak terhadap tower BTS yang sudah tidak aktif atau berfungsi lagi karena manfaatnya sudah tidak bisa dinikmati masyarakat.

"Dinas Kominfo sebaiknya bersurat kepada provider yang tower selularnya sudah tidak aktif untuk membongkarnya," ujar Kristian.



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook