alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Tenaga Pendidik SMAN 1 Luwu Dilarang Jual LKS dan Atribut ke Siswa

Chaeruddin
Tenaga Pendidik SMAN 1 Luwu Dilarang Jual LKS dan Atribut ke Siswa
Rapat larangan penjualan buku, LKS, dan atribut sekolah oleh SMAN 1 Luwu. Foto: SINDOnews/Chaeruddin

LUWU - Pihak SMAN 1 Kabupaten Luwu melarang pendidik dan tenaga kependidikan menjual lembar kerja siswa (LKS) dan atribut sekolah kepada siswanya.

Larangan ini dipertegas oleh kepala sekolah SMA 1 Luwu, Nurdin Muin, dalam suratnya bernomor 800/244-UPT SMAN.1/Luwu/Disdik/2019.

Surat tersebut mempertegas sekumlah perihal, diantaranya, koperasi sekolah tidak dibolehkan menjual LKS, baik itu jenis buku pengayaan atau semacamnya kepada siswa.



Disebutkan pula dalam surat ini bahwa PTK tidak menyuruh, menugaskan atau memerintahkan siswa untuk membeli LKS, buku pengayaan atau semacamnya.

"Ada 5 poin yang kami tegaskan, dua diantaranya yang disebutkan tadi, selanjutnya diminta mengoptimalkan pemanfaatan buku yang ada di perpustakaan baik PTK maupun para siswa, mengoptimalkan pemanfaatan perpustakaan digital yang telah kita miliki baik PTK maupun para siswa," ujarnya.

Penegasan terakhir, meminta PTK untuk melaksanakan imbauan tersebut, apabila tidak diindahkan, maka akan menjadi tanggung jawab pribadi masing masing PTK.

"Adapun ada siswa yang sudah miliki modul pengayaan sebelumnya, itu karena dia sendiri yang berinisiatif untuk memiliki karena merasa dibutuhkan. Saya jamin tidak ada guru yang menjual LKS atau modul pengayaan apalagi seorang kepala sekolah," lanjutnya.

Sedangkan mengenai atribut siswa, yang menjadi identitas sebagai siswa SMA Negeri 1 Luwu dan telah diatur dalam buku tata tertib siswa SMA I Luwu, hanya bisa disiapkan oleh koperasi sekolah.

"Ini berdasarkan hasil rapat komite sekolah dan orang tua siswa yang dihadiri oleh 204 orang tua siswa, dan hal ini telah dikordinasikan dengan Wakapolres Luwu selaku Ketua Tim Saber pungli Kabupaten Luwu, beliau merespons dengan catatan sesuai keputusan rapat dan disalurkan melalui wadah Koperasi yang sudah Berbadan Hukum," kuncinya.



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook