alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

5 Rumah Terbakar di Kawasan Pasar Tradisional Makassar

Faisal Mustafa
5 Rumah Terbakar di Kawasan Pasar Tradisional Makassar
Kebakaran di kawasan pasar tradisional di Kota Makassar ikut melahap lima rumah warga, Minggu (1/9) malam. Foto: SINDOnews/Faisal Mustafa

MAKASSAR - Kebakaran hebat melanda kawasan pasar tradisional di Jalan Abu Bakar Lambogo Lorong 3, Kecamatan Makassar, Kota Makassar, Minggu (1/9). Dalam kejadian ini, lima unit rumah semi permanen yang terletak di kawasan pasar ludes terbakar.

Sumber api didufa berasal dari rumah milik Dg Nanring yang kemudian merembet ke rumah warga lainnya. Si Jago Merah cepat membesar karena lokasi saling berdempetan. Sekitar 14 armada Dinas Pemadam Kebakaran dikerahkan untuk menjinakkan api.

"Lokasi kebakaran ini merupakan pasar sekaligus juga pemukiman padat. Kami sampai harus turunkan 14 unit armada kebakaran," kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Makassar, Taufiq Rahman, saat ditemui di lokasi kejadian.



Dalam upaya memadamkan kebakaran, petugas ikut dibantu oleh warga sekitar. Mereka menggunakan alat seadanya, seperti ember. Dari pantauan SINDOnews, lokasi yang sempit membuat upaya pemadaman kebakaran menjadi terkendala.

Mobil pemadam kebakaran mulanya sulit menembus lokasi, terlebih banyaknya masyarakat yang berkumpul turut menghambat petugas. "Rumah tinggal berada dalam lorong sehingga kami kesulitan," ucapnya.

"Tang pertama akses jalan dan juga pemahaman masyarakat karena jika ada peristiwa kebakaran, seperti bagaikan tontonan dan mereka memadati lokasi yang membuat petugas terhalangi. Dan juga di dekat lokasi ada acara pernikahan yang menghalangi sehingga terpaksa dibongkar dulu," terangnya.

Selang 30 menit, api akhirnya berhasil dipadamkan. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Taufiq pun menghimbau agar masyarakat lebih waspada untuk menghindari kejadian kebakaran tidak terjadi, apalagi musim kemarau, rawan dengan kebakaran. "Penyebabnya belum kita ketahui pasti karena sementara pendataan dan dugaan awal adalah korsleting listrik. Tapi untuk pastinya dari pihak kepolisian yang akan melakukan olah TKP," pungkasnya.



(tyk)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif