alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Nasdem, Hanura, dan PAN di Sulsel Siap Barter Dukungan di Pilkada

Ahmad Muhaimin
Nasdem, Hanura, dan PAN di Sulsel Siap Barter Dukungan di Pilkada
Beberapa partai politik di Sulsel mengaku siap untuk saling barter dukungan Pilkada serentak nanti. Foto: SINDOnews/Ilustrasi

MAKASSAR - Jelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun depan, sejumlah partai politik (parpol) di Sulawesi Selatan (Sulsel) mulai bermanuver dan mengatur dalam meraih dukungan. Salah satunya siap barter dukungan.

Sekretaris DPW Nasdem Sulsel, Syaharuddin Alrif mengaku, pihaknya berpeluang melakukan barter dukungan dengan sejumlah parpol lain. hal itu pun dinilai sebagai sikap realistis menghadapi Pilkada 2020.

“Bisa saja di beberapa daerah, kader kami didukung oleh Demokrat, Gerindra dan Golkar. Namun di daerah lain, giliran kami yang dukung kader mereka,” katanya.



Dia mengatakan, Nasdem siap saling sokong dukungan dengan Parpol lain. Apalagi kata Syahar, pihaknya telah memetakan kekuatan Nasdem dalam persiapan Pilkada 2020 mendatang.

“Di beberapa daerah kader kami yang potensial, kan ada sembilan dari 12 daerah (yang melangsungkan Pilkada). Selebihnya, tiga daerah ini tentu kami akan menawarkan (pasangan) kepada calon kepala daerah yang mau mengendarai Nasdem,” tuturnya.

Belum lagi, DPW Nasdem Sulsel menurut Syaharuddin memiliki hak dan wewenang untuk menentukan pasangan kadernya yang didorong pada Pilkada 2020 mendatang. Sehingga, peluang dilakukannya barter dukungan sangat terbuka lebar.

Hal serupa diungkapkan oleh Sekretaris DPD Hanura Sulsel, Affandy Agusman Aris. Dia menuturkan, partainya siap-siap saja saling barter dukungan di Pilkada 2020 mendatang. Hanya saja, persetujuan saling sokong dukungan nantinya tak boleh sembarangan. Lantaran bagi Hanura, ada beberapa kabupaten/kota yang diprioritaskan.

“Kursi yang besar itu pasti Hanura akan menjadi 01. Seperti empat kursi di Maros dan Luwu Utara. Kita akan dorong kader untuk menjadi 01. Sementara tiga kursi kemungkinan hanya wakil di situ,” katanya saat dihubungi, Minggu (2/9/2019).

Dia pun mengklaim, Hanura bahkan sudah mulai melakukan komunikasi politik dengan parpol lain. Saling melihat kecocokan untuk membangun komitmen saling barter dukungan di daerah tertentu.

Sementara, Wakil Ketua DPD PAN Sulsel, Usman Lonta juga tak menepis peluang partainya untuk melakukan barter dukungan. Namun kata dia, perlu komitmen yang jelas dalam membangun hal tersebut.

“Politik ini semua bisa terjadi. Tinggal yang mau dibangun adalah komitmen teman-teman partai yang punya hajatan yang sama di daerahnya yakni Pilkada serentak nanti,” ucapnya.



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook