alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pengangguran Naik, Pemkab Bulukumba Diminta Buka Lapangan Kerja Mandiri

Eky Hendrawan
Pengangguran Naik, Pemkab Bulukumba Diminta Buka Lapangan Kerja Mandiri
Para pencari kerja memenuhi bursa kerja. Foto: SINDOnews/Doc

BULUKUMBA - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) turut mengakui jika jumlah pengangguran di Kabupaten Bulukumba akan terus bertambah setiap tahunnya. Di mana, pada tahun 2018 jumlah pengangguran mencapai 6.946 orang sesuai data BPS.

Legislator PDIP Bulukumba, Zulkifly Saiye mengatakan bahwa, jumlah pengangguran di Butta Panrita Lopi tidak akan pernah habis. Pasalnya, ketersediaan lapangan kerja yang masih minim dianggap sebagai faktor utama.

Baca juga: Bupati Bulukumba Akui Kewalahan Atasi Jumlah Pengangguran yang Terus Naik



"Pengangguran tidak akan habis karena ketersediaan lapangan kerja yang minim di Bulukumba. Jadi akan sulit untuk menekan angka pengangguran," katanya, Senin (2/9/2019).

Menurut Zulkifli, ada banyak peluang yang dapat dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba agar jumlah pengangguran dapat ditekan setiap tahun. Salah satunya menghadirkan lapangan kerja mandiri dan pemberdayaan sumber daya alam.

"Kita mendorong pemerintah untuk memberikan pelatihan, membuka lapangan kerja mandiri. Kita juga akan dorong dinas tenaga kerja untuk mendapatkan penambahan anggaran," ujarnya.

Diketahui, pertumbuhan ekonomi Kabupaten Bulukumba yang mengalami penurunan hingga 5,05 persen ditahun 2018, juga diiringi dengan meningkatnya jumlah pengangguran berdasarkan data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) untuk edisi 2018.

Dari data BPS Bulukumba yang dirilis periode 2018, jumlah pengangguran di Bumi Panrita Lopi mencapai 6.946 orang atau meningkat dari tahun 2017 yang mencapai 6.833 orang dan 5.796 orang ditahun 2016.



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif