Jurnalis Peduli Sulbar Salurkan 150 Paket Bantuan untuk Korban Gempa

Kamis, 21 Januari 2021 - 17:19 WIB
loading...
Jurnalis Peduli Sulbar Salurkan 150 Paket Bantuan untuk Korban Gempa
JPS menyalurkan bantuan sebanyak 150 paket bantuan untuk korban gempa Sulbar. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Sejumlah lembaga jurnalis yang tergabung dalam Jurnalis Peduli Sulawesi Barat (JPS) segera menyalurkan bantuan logistik kemanusiaan untuk korban gempa Sulbar . Bantuan inidikumpulkan dari donasi dermawan serta jurnalis .

Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Makassar , Nurdin Amir mengatakan, aksi kemanusiaan ini dilakukan atas kepedulian dan reaksi para jurnalis untuk ikut membantu para korban gempa Sulbar , termasuk jurnalis yang ikut terdampak.



"Teman-teman jurnalis langsung tergerak untuk ikut terlibat mengumpulkan donasi dari dermawan dan jaringan masing-masing guna membantu para korban sebagai bagian dari misi kemanusian," tutur Nurdin di Posko JPS, Makassar, Kamis (21/1/2021).

Bantuan tahap pertama yang segera dikirim ke Sulbar, tercatat ada 150 paket logistik, berisi bahan makanan, hand sanitizer, masker hingga minyak angin, dan popok bayi yang sangat diperlukan pengungsi .

Dia menyatakan, pada prinsipnya aksi kemanusiaan ini dilakukan atas inisiatif serta keprihatinan jurnalis membantu meringankan beban para korban bencana, terlebih di situasi pandemi Covid-19 ditambah cuaca ekstrem yang melanda Indonesia.



Gerakan peduli kemanusiaan ini atas inisiasi lembaga jurnalis seperti AJI Makassar , bersama Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Pengurus Daerah (Pengda) Sulselbar, IJTI Pengda Kalimantan Utara, beserta Pewarta Foto Indonesia (PFI) Makassar .

Nurdin menjelaskan, JPS bergerak bukan hanya menggalang dana di kalangan para jurnalis dan para dermawan yang ikut berpartisipasi memberikan bantuan, pihaknya juga memfasilitasi para donatur yang ingin menyisihkan sedikit hartanya guna membantu korban gempa .

Saat ini, bantuan lebih diutamakan pada kebutuhan dasar para korban gempa Sulbar di Majene dan Mamuju. Seperti sembako, kebutuhan dan perlengkapan balita serta perempuan di tenda-tenda pengungsian pada dua daerah terdampak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2391 seconds (0.1#10.140)