alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Polisi Gelar Operasi Patuh, Pengurusan SIM di Gowa Membeludak

Herni Amir
Polisi Gelar Operasi Patuh, Pengurusan SIM di Gowa Membeludak
Pemohon SIM di Gowa rela berdesak-desakan dan mengantre untuk mendapatkan lisensi mengemudi agar tidak terjaring Operasi Patuh 2019. Foto: SINDOnews/Herni Amir

SUNGGUMINASA - Pelaksanaan Operasi Patuh 2019 yang digelar sejak 29 Agustus lalu, berimbas pada membeludaknya pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Polres Gowa. Warga rela berdesak-desakan dan antre untuk mendapatkan lisensi mengemudi agar tidak terjaring razia polisi lalu lintas.

Juru bicara Polres Gowa, AKP Mangatas Tambunan, menyebut pengurusan SIM di wilayahnya mengalami lonjakan drastis sejak pelaksanaan Operasi Patuh. Terdapat kenaikan jumlah pemohon SIM yang sangat signifikan, mencapai 133 persen dibandingkan dengan hari normal.

"Ada peningkatan secara signifikan. Kalau hari biasa sebelum dilaksanakan Operasi Patuh, pemohon SIM itu paling banyak 150 orang setiap harinya. Namun, saat ini mencapai 350 orang," ucap dia, kepada SINDOnews, Selasa (3/9).



Menurut Tambunan, peningkatan angka pengurusan SIM di Polres Gowa menunjukkan kesadaran masyarakat mulai tumbuh. Diharapakan dia, kesadaran masyarakat dalam mengikuti aturan berlalu lintas dapat semakin baik dari waktu ke waktu.

Kata Tambunan, salah satu indikator ketaatan berlalu lintas yakni tertib kelengkapan surat-surat kendaraan, seperti SIM dan STNK. Dan, inilah yang menjadi salah satu sasaran dalam Operasi Patuh yang akan dilaksanakan hingga 11 September mendatang.

Dari pantauan SINDOnews, tampak seluruh pemohon pun kini tengah menunggu giliran untuk mengikuti setiap prosedur dalam pengurusan SIM. Mulai dari mengikuti ujian teori hingga ujian praktek.

Dalam kesempatan itu, Tambunan juga mengimbau kepada seluruh warga Gowa yang telah memiliki umur 17 tahun dan dapat mengemudikan kendaraan untuk segera mengurus SIM, agar saat dilakukannya operasi tidak lagi kena tilang.

"Diimbau kepada seluruh masyarakat untuk melengkapi surat-surat berkendaranya. Begitu pun dengan komponen berkendara lainnya," jelas dia.

Salah seorang warga Kota Makassar, Ria, mengaku mengurus SIM di Polres Gowa karena satuan wilayah tersebut telah menerapkan sistem online. "Saya tinggal di Makassar, tapi sistem pengurusannya online makanya saya urus di sini. Selain itu mekanisme di Satlantas Polres Gowa juga sangat transparan," pungkasnya.



(tyk)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook