alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kadisdik Gowa Dukung Langkah Hukum Guru SD Dikeroyok saat Mengajar

Herni Amir
Kadisdik Gowa Dukung Langkah Hukum Guru SD Dikeroyok saat Mengajar
Guru SD di Kabupaten Gowa dikeroyok orang tua murid saat sedang mengajar. Foto: Istimewa

SUNGGUMINASA - Astiah, salah satu guru di SD Negeri Pa'bangiang Jalan Andi Tonro Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, jadi korban pengeroyokan oleh orang tua siswa, Rabu (4/9/ 2019).

Dia dikeroyok saat sedang mengajar dikelasnya. Menanggapi insiden tersebut Kepala Dinas Pendidikan Gowa Salam menegaskan tidak menerima jika gurunya diperlakukan demikian.

"Tidak bisa. Saya tidak terima perlakuan orang tua siswa itu. Saya tidak terima guru saya diperlakukan begitu," ucapnya.



Apalagi lanjutnya, hal tersebut dilakukan di depan siswa. Dari pihak sekolah Salam mendapatkan informasi jika pemukulan terhadap guru tersebut terjadi karena yang bersangkutan tidak berhasil menyentuh siswa yang menjadi duel anaknya dalam perkelahian yang terjadi sehari sebelumnya.

Padahal ibu tersebut telah menemukan siswa itu di dalam kelas. "Gurunya ada disitu. Tanggung jawab moral dia melindungi anak itu. Karena tidak berhasil menyentuh itu anak, gurunya diserang," papar Salam.

Karena itu, Salam mendukung langkah guru tersebut untuk membawa kasus ini ke ranah hukum. Meski demikian, dia menyampaikan jika ancaman kepala sekolah yang akan mengeluarkan anak tersebut harus dikaji ulang.

"Belum bisa kita sampai ke sana. Apalagi yang bermasalah ini ibunya. Jangan anaknya kita jadikan korban," ujarnya.

Ketua Lembaga Pemberdayaan Anak (LPA) Sulsel Fadiah Mahmud mengatakan, seharusnya kejadian seperti ini bisa diselesaikan di internal sekolah.

Sesuai mandat dari UU Sisdiknas, sekolah harus menyediakan standar opersional prosedural untuk menangani kasus internal sedini mungkin.

"Harusnya ada solusi konflik dari sekolah. Ada kejadian seperti itu ada upaya secepat mungkin dari pihak sekolah untuk menyelesaikan," jelasnya.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook