TOPIK TERPOPULER

Warga Bisa Periksa Penyaluran Bansos di Web Kemensos, Begini Caranya

Herni Amir
Warga Bisa Periksa Penyaluran Bansos di Web Kemensos, Begini Caranya
Warga menerima bantuan sosial dari Kementerian Sosial. Foto: Ilustrasi/Dok

GOWA - Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Gowa meminta kepada masyarakat penerima bantuan sosial (bansos) agar melakukan pengecekan secara online di situs Kementerian Sosial (Kemensos).

Kepala Dinsos Gowa, Syamsuddin Bidol mengatakan, masyarakat bisa mengecek langsung datanya di laman tersebut, apalagi pecairan bulan Januari ini sudah berjalan, sehingga tidak ada yang ketinggalan informasi.



Baca juga: Data Penerima Bansos Diperbarui Tiap Minggu, Orang Sakit Masih Bisa Cairkan BLT

Kendati demikian, pihak Dinsos tetap membuka ruang bagi masyarakat yang ingin mengecek langsung di kantornya atau di wilayah masing-masing penerima.

"Memang Kemensos menyediakan itu, tapi kami juga membantu pengecekan di Dinsos, apalagi nama-nama penerima kami kirim ke kecamatan, nantilah di kecamatan yang akan memberikan ke desa/kelurahan masing-masing, hal ini dilakukan agar masyarakat mudah mengakses," ujarnya, Jumat (22/1/2021).

Pengecekan penerima bansos sudah bisa dilakukan secara langsung oleh masyarakat dengan mengunjungi laman atau situs INI.

Staf Bidang Pemberdayaan Sosial, Muhammad Nur Ikhlas Mappaita mengatakan, laman tersebut dari Kemensos langsung, yang akan memudahkan masyarakat untuk mengecek kepesertaan sebagai penerima bantuan, apalagi setiap tahunnya data tersebut diperbaharui.



Baca juga: Lansia 70 Tahun ke Atas Kebagian BLT Rp2,4 Juta, Kemensos Udah Punya Datanya

"Informasi cek penerima bansos di link https://dtks.kemensos.go.id berisi tiga jenis informasi bantuan yaitu bantuan sosial tunai (BST), program keluarga harapan (PKH), dan bantuan sosial pangan (BSP)," katanya.

Adapun cara melakukan pengecekan, misalnya untuk mengetahui kepesertaan apakah sebagai penerima BST atau tidak yakni, klik cek bansos lalu akan diarahkan untuk mengisi NIK atau ID DTKS/BDT dan atau PBI JK/KIS, kemudian masukkan salah satu nomor ID yang dimiliki, masukkan nama sesuai dengan ID tersebut, masukkan kata yang tertera pada kotak captcha, lalu klik cari, beberapa detik kemudian akan muncul informasi yang diinginkan.

Selain itu, Ikhlas membeberkan, BST Rp300 ribu yang diterima masyarakat setiap bulannya dari Kemensos sejak tahun lalu karena Covid-19 yang melanda Indonesia, masih terus berlanjut. Di mana, data per Januari 2021 ini sebanyak 14.906 keluarga penerima manfaat (KPM).

Baca juga: Jatah BLT Ibu Hamil Cuma Dua Kali Ya Bunda, Per Bulan Rp750 Ribu

"Total penerima BST per Januari 2021 ini sebanyak 14.906 KPM, terjadi perubahan setelah pusat melakukan validasi, di mana semua data bansos dari kementerian dipadankan dengan data capil pusat," jelasnya.

Sementara penerima PKH di Kabupaten Gowa saat ini sebanyak 34.326 KPM, namun saat ini sedang berlangsung tahap validasi di lapangan, dan penerima BPNT sebesar 49.426 KPM.



(luq)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!