TOPIK TERPOPULER

Peringatan Hari Jadi Luwu Jadi Momentum Penegakan Protokol Kesehatan

Tim SINDOnews
Peringatan Hari Jadi Luwu Jadi Momentum Penegakan Protokol Kesehatan
Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani saat ziarah ke Taman Makam Pahlawan Masamba serta Ziarah ke Makam Datuk Pattimang dan Raja XV Luwu Andi Pattiware. Foto: Istimewa

LUWU UTARA - Peringatan Hari Jadi ke-753 Tana Luwu (HJL) dan Peringatan ke-75 Hari Perlawanan Rakyat Luwu (HPRL) yang tahun ini, diharap bisa menjadi momentum penegakan protokol kesehatan karena digelar di masa pandemi Covid-19.

Peringatan yang dipusatkan di Kabupaten Luwu Utara, dipastikan akan berlangsung berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dipusatkan di Aula La Galigo Kantor Bupati Sabtu, (23/01/2021). 



Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, mengatakan, untuk membangkitkan kemeriahan di tengah wabah, tak harus selalu ditunjukkan dengan banyaknya manusia yang berkumpul.

Baca Juga: Basmin Mattayang Ajak Tana Luwu Bersatu dan Saling Menjaga

Menurut dia, banyak cara yang bisa dilakukan untuk membangkitkan kemeriahan di tengah pandemi yang penuh dengan pembatasan-pembatasan.

“Kemeriahan itu sebenarnya bisa kita hadirkan di dalam diri kita masing-masing, dan saya berharap, meskipun dalam suasana yang serba terbatas, kemeriahan Hari Jadi Luwu harus tetap hadir di dalam diri semua orang,” jelas Indah.

Indah menyebutkan, cara terbaik menghadirkan kemeriahan di tengah keterbatasan adalah semua orang harus mengambil peran dalam penegakan protokol kesehatan.



“Cara paling efektif yang paling dibutuhkan saat ini adalah ikut berpartisipasi menegakkan protokol kesehatan. Harus betul-betul disiplin terhadap protokol kesehatan, tidak boleh abai,” imbuhnya.

Bahkan dirinya tak segan-segan menegur orang yang abai terhadap protokol kesehatan. Hal ini penting dilakukan, tak hanya dalam perayaan hari-hari besar, seperti Hari Jadi Luwu, tapi juga di pesta pernikahan.

Baca Juga: Jelang Peringatan Hari Jadi Tana Luwu, Indah Kunjungi Makam Datuk Patimang

“Mungkin masyarakat tak bisa hadir langsung mengingat kondisi masih pandemi, tapi dengan banyaknya orang memasang umbul-umbul di depan rumah masing-masing menandakan kita semua telah ikut memeriahkan momentum historis bagi masyarakat Tana Luwu ini,” tandasnya.

Luwu Utara sebagai tuan rumah telah siap menggelar Puncak Peringatan Hari Jadi Luwu meski dalam kondisi pandemi Covid-19. Pemkab Lutra juga telah melakukan beberapa kegiatan menyambut Hari Jadi Luwu, di antaranya silaturahmi virtual antar-stakeholder Penanganan Covid-19 dan Bencana Alam, Ziarah ke Taman Makam Pahlawan Masamba serta Ziarah ke Makam Datuk Pattimang dan Raja XV Luwu Andi Pattiware.

Sekadar diketahui, Gubernur Sulsel akan hadir langsung pada puncak peringatan Hari Jadi Luwu, termasuk kehadiran bupati/wali kota se-Tana Luwu yang juga dijadwalkan hadir di Masamba. Adapun tema yang diangkat adalah Sinergi Tana Luwu Aman dan Sehat. (Baca Juga: Bendungan Baliase di Luwu Utara Akan Beroperasi Tahun Ini)



(agn)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!