alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Membandingkan Kekuatan Tim Malaysia Sekarang dan Kualifikasi 4 Tahun Lalu

Sindonews
Membandingkan Kekuatan Tim Malaysia Sekarang dan Kualifikasi 4 Tahun Lalu
Performa Timnas Malaysia mengalami peningkatan drastis sejak kualifikasi 4 tahun lalu. Foto: FAM Malaysia

MAKASSAR - Pertandingan pembuka babak kualifikasi Piala Dunia zona Asia grup G akan tersaji malam ini, Kamis (5/9/2019). Pertandingan terebut akan mempertemukan Tim Nasional (Timnas) Indonesia vs Malaysia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Meski berstatus tuan rumah serta diprediksi bakal didukung ribuan suporter, Timnas Indonesia jelas tidak bisa meremehkan pertandingan malam nanti. Toh, performa Harimau Malaya, julukan Malaysia, sedang lagi oke selama kurun waktu empat tahun ini.

Performa apik Malaysia itu, sedikit banyak dipengaruhi oleh sentuhan Cheng Hoe, yang mengambil alih kursi kepelatihan sejak 2017. Bahkan, ada peningkatan drastis jika dibandingkan performa Malaysia di ajang yang sama empat tahun lalu.



Selama menukangi Malaysia di 14 pertandingan, Cheng Hoe sudah meraih delapan menang, tiga imbang dan tiga kalah. Malaysia terlihat juga lebih mengandalkan penguasaan bola sebagai kekuatan utama, sempat menyingkirkan Thailand di semifinal Piala AFF 2018 yang lalu.

Bandingkan dengan ketika Malaysia menjalani Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Asia yang berlangsung pada 2015.

Saat itu, Malaysia tergabung di Grup A bersama Uni Emirat Arab, Arab Saudi, Palestina dan Timor Leste, bermain tanpa arah. Alhasil, Malaysia yang saat itu ditangani Ong Kim Swee mengalami enam kekalahan dari delapan pertandingan.

Dari delapan pertandingan itu, Malaysia hanya mencetak tujuh gol dan kemasukan 29 kali! Bahkan di matchday ketiga, Malaysia saat itu tumbang 0-10 dari Uni Emirat Arab. Karena itu, hasil buruk empat tahun lalu bakal dijadikan pelajaran bagi Malaysia, demi meraih hasil maksimal di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Pelatih kepala Timnas Indonesia, Simon McMenemy mengaku sudah mengantisipasi kekuatan Timnas Malaysia pada pertandingan nanti.

"Kami mengantisipasi ini sebagai pertarungan yang sebenarnya, lebih dari sekadar pertandingan pembuka untuk kualifikasi, penuh historis dan juga persaingan kedua tim. Kedua tim bertarung satu sama lain tak hanya untuk poin, tapi untuk negara mereka, kebanggaan untuk negara ini," kata McMenemy dilansir dari laman PSSI.



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif