alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Cegah Pungli, Tim Propam Polrestabes Makassar Pantau Operasi Patuh

Tri Yari Kurniawan
Cegah Pungli, Tim Propam Polrestabes Makassar Pantau Operasi Patuh
Tim Propam dan Siwas Polrestabes Makassar turun langsung memantau setiap pelaksanaan Operasi Patuh 2019. Foto: Istimewa

MAKASSAR - Tim Propam dan Siwas Polrestabes Makassar terus melakukan pemantauan terhadap pelaksanaan Operasi Patuh 2019. Bahkan, tim pengawas polisi ini juga turun langsung setiap pelaksanaan operasi untuk memastikan tidak ada penyalahgunaan kewenangan dan pungutan liar (pungli).

Juru bicara Polrestabes Makassar, Kompol Alex Dareda, menyampaikan Operasi Patuh yang berlangsung sejak 29 Agustus hingga 11 September mendatang, tidak akan lepas dari pengawasan tim propam dan siwas. Hal itu bukti komitmen bersih dan jujur dari kepolisian.

“Tempat kegiatan (Operasi Patuh) itu berpindah-pindah, tidak menetap di satu titik. Tapi pasti akan selalu diawasi oleh seksi pengawasan (dari Propam dan Siwas Polrestabes Makassar,” ucap Alex, dilansir dari laman resmi Polrestabes Makassar, Kamis, (5/9).



Menurut Alex, kehadiran tim pengawas setiap pelaksanaan Operasi Patuh membuat potensi terjadinya penyimpangan dapat diminimalisir. Ia yakin kehadiran tim pengawas ini merupakan cara jitu mencegah penyalahgunaan kewenangan dan pungli oleh oknum polisi di jalanan.

Selain itu, Alex menyebut pengawasan melekat juga dapat mencegah sikap arogansi saat aparat bertugas di lapangan. Tidak kalah penting, tim pengawas ini diyakini memberikan keamanan terhadap para petugas yang sedang melakukan Operasi Patuh.

Dalam Operasi Patuh kali ini, Satuan Lalu Lintas Polrestabes Makassar juga memastikan akan menindak oknum polisi yang melakukan pelanggaran lalu lintas. Polisi harus mampu memberi contoh tertib berlalu lintas kepada masyarakat.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polrestabes Makassar, Kompol Muhammad Yusuf Usman, menegaskan tidak ada pembedaan dalam operasi ini. Siapapun yang melanggar lalu lintas pasti dikenakan tilang. Tidak terkecuali anggota kepolisian.

Menurut Yusuf, anggota kepolisian malah harusnya bisa menjadi contoh atau teladan bagi masyarakat dalam mematuhi aturan berlalu lintas. Olehnya itu, Yusuf memberikan penekanan kepada anggota Polrestabes Makassar untuk melengkapi seluruh surat-surat kendaraannya.

“Kalau saya dapat melanggar, saya langsung tilang,” pungkasnya.



(tyk)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook