Disoroti, China Revisi Jumlah Kematian di Wuhan Akibat COVID-19

Jum'at, 17 April 2020 - 13:28 WIB
loading...
Disoroti, China Revisi Jumlah Kematian di Wuhan Akibat COVID-19
Pemerintah China merevisi angka kematian di Wuhan tempat pertama kali virus Corona muncul. Foto: Beijing.net
A A A
BEIJIN - Pemerintah China merevisi jumlah kematian di Wuhan, tempat virus Corona pertama kali muncul akhir tahun lalu, setelah disoroti oleh sejumlah negara.

Mereka berdalih, jumlah kematian akibat penyakit itu secara tajam, dan mengakui kasus-kasus yang secara keliru dilaporkan atau sama sekali terlewatkan.

Penyesuaian, yang dirinci dalam posting media sosial oleh pemerintah kota pada hari Jumat, menambah jumlah korban jiwa sebanyak 1.290 - sekitar 50 persen - sehingga total menjadi 3.869.

Pihak berwenang mengatakan, telah ada laporan terlambat dari lembaga medis, sementara beberapa pasien telah meninggal di rumah ketika rumah sakit berjuang untuk mengatasi pada tahap awal wabah.

Revisi tersebut muncul ketika sejumlah pemimpin dunia menyatakan bahwa China belum sepenuhnya terbuka, tentang dampak domestik penuh dari virus yang kini telah menewaskan lebih dari 140.000 orang di seluruh dunia, dan membatasi separuh umat manusia di rumah mereka.

"Jumlah total kasus virus Corona yang dikonfirmasi di Wuhan juga direvisi naik - oleh 325 menjadi 50.333," kata pernyataan pemerintah setempat dilansir dari Al Jazeera, Jumat, (17/04/2020).

Revisi-revisi tersebut kemungkinan akan memainkan narasi pemerintahan Donald Trump mengenai ketidakpercayaan Tiongkok, yang kini tampaknya mendapat dukungan dari Inggris dan Prancis.

Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab, yang saat ini mendukung Perdana Menteri Boris Johnson yang masih belum pulih dari virus, mengatakan akan ada pertanyaan sulit untuk Beijing.

Dalam sebuah wawancara dengan Financial Times, Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan, akan "naif" untuk berpikir China telah menangani pandemi dengan baik.

"Jelas ada hal-hal yang terjadi yang tidak kita diketahui," katanya.

Beijing dan Moskow telah menolak tuduhan itu, dengan Presiden Rusia Vladimir Putin mengecam "upaya beberapa orang untuk mencoreng China".
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1823 seconds (0.1#10.140)