alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Gubernur Sulsel Ajak Raja-Sultan se Nusantara ke Rujab

Najmi Limonu
Gubernur Sulsel Ajak Raja-Sultan se Nusantara ke Rujab
Gubernur Sulsel, Prof Nurdin Abdullah hadir di penobatan Karaeng Turikale ke-VIII, Brigadir Jenderal Polisi (Purn) Andi Achmad Aflus Mapparessa di Gedung Serbaguna Pemkab Maros, Kamis (05/09/2019. Foto : SINDOnews/Najmi Limonu

MAROS - Penobatan Karaeng Turikale ke-VIII, Brigadir Jenderal Polisi (Purn) Andi Achmad Aflus Mapparessa dihadiri 80 Raja dan Sultan se Nusantara di Gedung Serbaguna Pemkab Maros, Kamis (05/09/2019.

Figur yang dipandang mampu memikul amanah dan tanggung jawab memangku jabatan Karaeng Turikale ini adalah Brigjen Pol (P) Dr H Andi Achmad Aflus Mapparessa bin Haji Andi Mapparessa Daeng Sitaba bin La Palaguna Daeng Marowa bin I Sanrima Daeng Parukka.

Kedatangan Karaeng Turikale Andi Mapparessa Dg Sitaba dikawal pasukan berkuda dari Bola Loppoe menuju Gedung Serbaguna tempat dimana penobatan Karaeng Turikale akan digelar. Ada 8 bangsawan luar negeri juga menyaksikan prosesi penobatan ini, diantaranya dari Amerika Serikat, Malaysia dan Meksiko.



Selain itu, hadir pula Sultan Sepuh Cerebon, Sultan Sumbawa, Raja Tapanuli Selatan, Sultan Sekala Berak Lampung, Sultan Kutai Kartanagara.

"Dengan adanya penobatan ini, semangat kebersamaan yang akan kita bangun adalah semangat kebersamaan yang menciptakan kedamaian dan persatuan dan menjadi partner pemerintah", tukas
Menurut Karaeng Turikale ke-VIII, Andi Achmad Aflus Mapparessa.

Sementara itu, Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah menyakini prosesi penobatan ini bisa menjadi agenda wisata nasional. "Kita kembalikan dan melestarikan budaya kita, kita berharap ini semakin besar dan ini bisa menjadi agenda nasional," tukasnya.

Gubernur selanjutnya secara khusus mengundang raja dan Sultan juga untuk bersilaturahmi dengan seluruh kerajaan se-nusantara.

"Insya Allah sebentar malam kami menunggu para raja-raja dan Sultan di kediaman resmi Gubernur provinsi Sulawesi Selatan, untuk menjamu sekaligus merupakan selamatan buat Karaeng Turikale dan juga dalam rangka pelantikan Karaeng Turikale sebagai Ketua FSKN Provinsi Sulawesi Selatan," tukas gubernur.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif