TOPIK TERPOPULER

PTSP Kota Makassar Dorong Investor untuk Gandeng UMKM

Vivi Riski Indriani
PTSP Kota Makassar Dorong Investor untuk Gandeng UMKM
PTSP mendorong para investor untuk bisa menggandeng UMKM dalam pengembangan produk. Foto: Ilustrasi

MAKASSAR - Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) memiliki andil cukup besar terhadap pertumbuhan ekonomi. Karena itu, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PM-PTSP) Kota Makassar mendorong investor agar menggandeng UMKM jika ingin menanamkan modalnya di Kota Makassar.

Kepala Dinas PM-PTSP Makassar, Andi Bukti Djufrie mengatakan, pemerintah pusat melalui Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) bersama Kemitraan Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) telah melakukan penandatangan kerjasama.



Kata dia, salah satu poin penting dalam kerjasama tersebut yakni jika ingin menanamkan modal di daerah maka salah satu sektor yang dibantu adalah UMKM. Apalagi, UMKM mampu bertahan di tengah kondisi krisis seperti saat ini.

Baca Juga: 2020 Transaksi Capai Rp4,4 Triliun, Bukti Keberpihakan Pertamina kepada UMKM

"Jadi kalau mau berinvestasi harus ada kerjasama dengan UMKM di wilayah setempat. Tapi MoU itu baru dilakukan di tingkat pusat dan pemerintah provinsi," kata Bukti, Jumat, (22/01/2021).

Sedangkan di tingkat kota, lanjut Bukti, pihaknya akan melakukan penandatanganan kerjasama antara Dinas PM-PTSP dengan Dinas Koperasi dan UKM. Sehingga, setiap investasi yang masuk bisa membantu UMKM-UMKM yang ada di Kota Makassar.

"Investasi yang masuk, misalnya dibidang kuliner nah diikutkanlah UMKM disitu. Kira-kira apa yang dibantukan," tutur dia.



Menurut dia, investor yang di Kota Makassar jangan hanya melulu menanamkan modalnya di perusahaan besar. Pengembangan UMKM melalui investor juga perlu ditingkatkan sehingga dapat bertahan di tengah pandemi Covid-19.

"Harus selalu ada kerjasama dengan UMKM. Jadi, mereka bisa membantu UMKM kita," papar Bukti

Sebelumnya, Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia berpesan bahwa pertumbuhan ekononi yang baik harus dibarengi dengan pertumbuhan pemerataan ekonomi.

Baca Juga: Siapkan Skema Pembiayaan UMKM Parekraf, Sandiaga Sambangi Bos OJK

Karena itu, dia meminta kepada kepala daerah bupati/wali kota dan gubernur untuk melibatkan UMKM jika ada investor yang ingin menanam saham di wilayahnya. Apalagi, kontribusi pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini sebagian besar disuplai dari pelaku UMKM.

"UMKM telah memainkan perannya untuk mengeluarkan Indonesia dari krisis ekonomi pada 1998. Sekarang kontribusi pertumbuhan kita sebagian besar dari UMKM yang menyuplai 120 juta angkutan kerja dari 133 juta di negara kita," terang Bahlil.



(agn)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!