alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Hasil Tes DNA, Pengebom Gereja di Filipina Adalah Pasutri Asal Sulsel

Tri Yari Kurniawan
Hasil Tes DNA, Pengebom Gereja di Filipina Adalah Pasutri Asal Sulsel
Hasil tes DNA mengkonfirmasi pelaku bom bunuh diri di gereja Filipina pada Januari 2019 adalah pasutri asal Sulsel. Foto/Ilustrasi/Istimewa

JAKARTA - Kepolisian memastikan identitas kedua pelaku bom bunuh diri di Gereja Katolik Pulau Jolo, Filipina, pada 27 Januari 2019 adalah warga negara Indonesia (WNI). Hal tersebut mengacu pada hasil tes DNA kedua pelaku dengan sisa darah yang tertinggal di lokasi kejadian perkara.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo, mengungkapkan kedua pelaku merupakan pasangan suami istri yakni Rullie Rian Zeke dan Ulfah Handayani Saleh. Pasutri ini merupakan anggota Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Makassar, Sulsel.

"Hasil DNA-nya sudah keluar identik bahwa pelaku bom itu yang laki-laki atas nama RR dan yang perempuan adalah istrinya atas nama U,” ujar Dedi, seperti dilansir dari laman tribratanews polri, Jumat (6/9/2019).



DNA itu dikirim kepada kepolisian Filipina guna dicocokkan dengan DNA yang ditemukan di lokasi kejadian perkara. Hal itu dilakukan untuk memastikan identitas pasutri yang disebut pernah dideportasi dari Turki pada 2017 lalu.

“Sudah (dikirim), datanya semua,” jelas Dedi.

Berdasarkan keterangan polisi, pasutri ini masuk Filipina tidak melalui jalur resmi sehingga otoritas setempat tidak mendeteksi kedatangan keduanya. Dua bom bunuh diri itu meledak di gereja Katolik di Pulau Jolo, Filipina pada 27 Januari 2019.

Ledakan terjadi saat misa berlangsung. Ledakan pertama terjadi di dalam gereja di Jolo. Sementara, bom kedua meledak saat petugas keamanan bergerak ke lokasi ledakan untuk memberi pertolongan terhadap para korban.

Berdasarkan informasi yang dihimpun SINDOnews, pasutri pengebom gereja di Filipina ini pernah tinggal di salah satu kompleks perumahan di Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Sulsel. Mereka menempati sebuah rumah bersama empat orang anak sejak 2015. Sang suami Rullie juga sempat berjualan nasi kuning dan bekerja sebagai sales jual beli mobil di Kota Makassar.



(tyk)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif