alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kerugian Material Akibat Kebakaran di Karuwisi Ditaksir Rp1,5 Miliar

Faisal Mustafa
Kerugian Material Akibat Kebakaran di Karuwisi Ditaksir Rp1,5 Miliar
Kerugian material imbas kebakaran di kawasan Pasar Karuwisi ditaksir mencapai Rp1,5 miliar. Foto: Istimewa

MAKASSAR - Kebakaran hebat yang melanda kawasan Pasar Karuwusi, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar, Jumat (6/9/2019), mengakibatkan kerugian material yang cukup besar. Musababnya, banyak rumah dan kios milik warga yang hangus dilahap api.

Bhabinkamtibmas dari Polsek Panakkukang, Bripka Syamsuddin, mengungkapkan saat ini masih dilakukan pendataan pasti mengenai kebakaran sore tadi. Namun, ditaksir kerugian akibat amukan Si Jago Merah di kawasan pasar tradisional itu mencapai Rp1,5 miliar.

"Kalau korban luka tidak ada, Alhamdulillah selamat semua. Tapi kerugian kira-kira miliaran rupiah ini, kemungkinan sekitar Rp1,5 miliar. Untuk pastinya, ya nanti sementara didata dulu sama anggota," kata dia, kepada SINDOnews, Jumat (6/9/2019).



Data mengenai jumlah rumah yang terbakar pun masih simpang siur. Ada yang menyebut kebakaran menghanguskan delapan rumah dan ada pula yang melaporkan 11 rumah. Data dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Makassar, ada 11 rumah dan kios yang hangus terbakar.

Dilanjutkan Syamsudin, saat ini ada lima saksi yang diperiksa polisi untuk mengetahui penyebab kebakaran. Mereka merupakan saksi mata dan warga sekitar yakni Rudi (43), Edo (38), Hj Bollo (60) dan Ansar (30).

Peristiwa kebakaran ini sempat membuat warga sekitar panik dan juga pengunjung pasar langsung berhamburan untuk menyelamatkan diri. Sementara para pedagang juga berlomba-lomba mengevakuasi atau menyelamatkan barang-barang jualannya serta membawanya ke tempat lebih aman.

Ketua RT 02, Ari Purwanto, mengatakan di wilayah tersebut memang kebanyakan yang bermukim adalah orang yang mengontrak yang rata-rata menjual di Pasar Karuwisi. Saat ini pihaknya sudah mendirikan posko pengungsi tidak jauh dari lokasi kejadian.

"Yah kalau posko sudah disiapkan sama karang taruna, PMI dan anak-anak muda di sini. Kami minta juga pemerintah agar bisa segera mengirimkan bantuan, khususnya makanan dan pakaian itu saja dulu yang paling darurat saya kira," tutupnya.



(tyk)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif