alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Awas, Salah Konsumsi Bawang Putih Bisa Mengancam Jiwa

Sri S Syam
Awas, Salah Konsumsi Bawang Putih Bisa Mengancam Jiwa
Bawang putih memang memiliki banyak khasiat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Tetapi jika salah mengkonsumsi justru dapat merugikan. Anda harus tahu posisi yang tetap jika ingin mengkonsumsi agar tak mengancam jiwa Anda. Foto : Istimewa

MAKASSAR - Bawang putih memang memiliki banyak khasiat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Tetapi jika salah mengkonsumsi justru dapat merugikan. Anda harus tahu posisi yang tetap jika ingin mengkonsumsi agar tak mengancam jiwa Anda.

1. Merugikan Hati
Mengkonsumsi bawang putih secara berlebih dapat mencelakai hati kamu. Sebuah penelitian mencatat bahwa jika bawang putih dikonsumsi dalam jumlah besar dapat menyebabkan keracunan hati. Hal ini dikarenakan bawang putih mengandung allicin, suatu senyawa yang bila dikonsumsi dalam jumlah yang tinggi bisa merusak hati.

2. Diare
Diare bisa terjadi jika kamu mengkonsumsi bawang putih dalam keadaan perut yang masih kosong. Orang-orang yang memiliki penyakit gas di perut harus sangat menghindari bawang putih. Ini karena bawang putih mengandung fluktan yang dapat menyebabkan kembung dan gas di dalam perut.



3. Mual dan Muntah
Menurut National Cancer Institute, mengkonsumsi bawang putih atau minyak bawang putih saat perut kosong dapat menyebabkan perut menjadi mulas, mual, bahkan muntah. Harvard Medical School juga menyatakan bahwa bawang putih memiliki senyawa tertentu yang dapat menyebabkan penyakit gastroesophageal reflux.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif