Ini 5 Jenis Olahraga Terbaik untuk Penderita Diabetes

Minggu, 24 Januari 2021 - 08:20 WIB
loading...
Ini 5 Jenis Olahraga Terbaik untuk Penderita Diabetes
Aktivitas fisik merupakan elemen kunci dalam mencegah dan mengelola diabetes. Foto: Ilustrasi/Freepik
A A A
MAKASSAR - Aktivitas fisik merupakan elemen kunci dalam mencegah dan mengelola diabetes . Banyak penelitian yang menyebutkan pentingnya olahraga teratur pada diabetes .

Ini tidak hanya meningkatkan glukosa darah tetapi juga membantu mengontrol kadar kolesterol untuk mencegah komplikasi terkait diabetes seperti hipertensi atau kejadian kardiovaskular.

Dilansir dari Boldsky, berikut ini lima jenis aktivitas fisik yang bisa jadi pilihan terbaik untuk penderita diabetes :

1. Jalan Cepat
Jalan cepat adalah olahraga intensitas rendah terbaik untuk penderita diabetes tipe 2. Ini memiliki efek penurun glukosa dan mungkin juga secara positif mempengaruhi kesejahteraan psikologis seseorang.

Jalan cepat juga dianggap sebagai cara yang baik untuk memulai aktivitas fisik pada penderita diabetes tipe 2 yang tidak banyak bergerak. Selain itu, jalan kaki sedang tidak meningkatkan risiko ulkus kaki pada orang dengan neuropati perifer.

2. Renang
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa olahraga renang bisa menjadi ameliorator ampuh untuk resistensi insulin, ciri utama bagi penderita diabetes tipe 2. Ini dapat membantu meningkatkan fungsi tubuh untuk menggunakan dan menyerap glukosa secara efektif.

Penelitian tersebut juga menyebutkan bahwa resistensi insulin yang disebabkan oleh diet tinggi lemak pada penderita diabetes dapat ditingkatkan dengan berenang selama delapan minggu.



3. Menari
Menurut sebuah penelitian, menari dapat menjadi strategi yang efektif untuk melakukan aktivitas fisik dan mengontrol kadar glukosa darah. Ini adalah salah satu bentuk aktivitas waktu senggang terbaik yang dapat merangsang emosi positif dan mendorong interaksi sosial, dan terlebih lagi, memungkinkan penderita diabetes untuk berbagi pengalaman pribadi mereka.

Selain itu, musik selama tarian diketahui memberikan efek menguntungkan pada fungsi kognitif. Beberapa jenis tarian terbaik untuk penderita diabetes termasuk Zumba, tari Latin, dansa ballroom standar, dan tari aerobik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2446 seconds (0.1#10.140)