alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kejari Maros Dianggap Istimewakan Camat Simbang yang Terjaring OTT

Najmi Limonu
Kejari Maros Dianggap Istimewakan Camat Simbang yang Terjaring OTT
Kantor Kecamatan Simbang diberi garis Kejaksaan RI usai OTT beberapa waktu yang lalu. Foto : SINDOnews/Najmi Limonu

MAROS - Kejaksaan Negeri (Kejari) Maros hingga saat ini belum menahan Camat Simbang, Muh Hatta dan stafnya, Sofyan. Padahal, keduanya sudah ditetapkan tersangka dalam kasus pungutan liar usai terjaring dalam operasi tangkap tangan (OTT) sepekan lalu.

Kondisi ini membuat kinerja Kejari Maros dipertanyakan oleh lembaga swadaya masyarakat (LSM). Penyidik Kejari Maros diduga memberikan perlakuan istimewa kepada Muh Hatta dan Sofyan.

Sekretaris LSM Pekan 21, Amir Kadir menduga, penyidik Kejari Maros hendak mengaburkan kasus ini dengan sengaja menutup informasi terkait perkembangannya.



"Jadi terkesan ada perlakuan khusus kepada tersangka ini. Padahal kan sudah sangat jelas peran dan status mereka. Kita mau penegakan hukum ini adil, jangan tebang pilih," katanya kepada wartawan.

Menurut Amir, dampak tidak ditahannya tersangka dugaan Pungli itu menjadi beban psikologis bagi korban Pungli yang selama ini berharap, pihak Camat itu bisa mendapat sanksi tegas. Namun, selain tak ditahan, Muh Hatta masih tetap beraktifitas sebagai Camat.

"Penyidik dengan pemerintah seolah menganggap hal ini sepele saja. Harusnya dipertimbangkan jugalah dari sisi korban pungli yang sudah berani melaporkan hal itu. Jelas itu beban psikologis buat mereka, karena tersangka masih bebas berkeliaran dan masih jadi Camat," lanjutnya.

Lebih lanjut, dia berharap agar penyidik bisa menunjukkan sikap profesionalnya. Pasalnya, kedua tersangka dijerat Pasal 11 dan 12 huruf e dengan hukuman penjara maksimal 20 tahun yang seharusnya dalam pasal 21 ayat 4 Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP) telah memenuhi unsur objektif penahanan.

Sementara itu, pihak Kejari Maros melalui Kasi Intel, Dhevid Setiawan mengaku masih melakukan pemeriksaan kepada tersangka. Dia meminta agar semua pihak bersabar dan menunggu hasil pemeriksaan mereka.

"Sabar, semua masih kita periksa," singkatnya.



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif