alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Desa Kahayya di Bulukumba Dijadikan Kampung Zakat

Eky Hendrawan
Desa Kahayya di Bulukumba Dijadikan Kampung Zakat
Peresmian desa Kahayya sebagai kampung zakat oleh Kementerian Agama RI bersama dengan Badan Amil Zakat Nasional RI. Foto: SINDOnews/Eky Hendrawan

BULUKUMBA - Desa Kahayya, Kecamatan Kindang, Kabupaten Bulukumba ditetapkan sebagai lokasi program kampung zakat yang dilaksanakan oleh Kementerian Agama RI bersama dengan Badan Amil Zakat Nasional RI.

Peresmian kampung zakat ini dilakukan oleh Sekretaris Dirjen Bimas Islam Kemenag, Tarmizi Tohor dengan pemukulan gong dan penandatanganan prasasti.

Kegiatan itu disaksikan Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba bersama jajaran Kementerian Agama, Baznas Kabupaten/Kota Sulawesi Selatan dan ratusan undangan yang hadir di Lapangan Futsal Desa Kahayya, Sabtu-Minggu 7-8 September 2019.



Menurut Komisioner Baznas RI, Nana Mintarti, Desa Kahayya adalah titik ke 12 dari kampung zakat yang dilaunching sejak tahun 2018 yang lalu. Program ini dimulai sejak tahun 2018 yang lalu di tujuh titik di Indonesia, selanjutnya tahun 2019 kembali menetapkan sebanyak tujuh titik berikutnya. Di mana, Desa Kahayya merupakan titik yang ke 12.

Dikatakannya, sebelum memulai kampung zakat ini, pihaknya terlebih dahulu melakukan assesment. Baznas, kata Nana, punya satu indeks yang disebut indeks desa zakat yang nilainya dari 0 sampai 1. Kalau mendekati 0 artinya desa tersebut layak dibantu.

“Nah, Desa Kahayya ini memiliki indeks 0,38, artinya memang Desa Kahayya ini kita prioritaskan sebagai desa kampung zakat karena indeksnya mendekati 0,” beber Nana Mintarti dalam sambutannya.



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook