LPS Tak Sekadar Menjamin, Tapi Juga Memberi Ketenangan

Minggu, 24 Januari 2021 - 18:46 WIB
loading...
LPS Tak Sekadar Menjamin, Tapi Juga Memberi Ketenangan
Dua orang berkostum superhero berbincang di tengah acara deklarasi ayo nabung di bank yang diadakan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) di Jalan Jendral Sudirman, Makassar, beberapa waktu lalu. Foto: SINDOnews/Maman Sukirman
A A A
MAKASSAR - Wajah Rudy Yana, 34 tahun, terlihat cemas. Pikirannya menerawang ke mana-mana, tidak fokus dengan kondisi sekitar setelah mendapat informasi dari media sosial jika bank tempatnya menabung izinnya dicabut oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) .

Kondisi itu dialaminya medio 2019. Bapak empat anak ini sehari-harinya bekerja sebagai pedagang baju online dan membuka usaha jasa pengiriman barang berlokasi di Jl Kapten Hanafiah Karanganyar, Kecamatan Subang, Jawa Barat. Sejumlah keuntungan yang diperolehnya ditabung dan dideposito di PT Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPRS) Gotong Royong.



Beruntung, rasa panik yang dialaminya tidak berlangsung lama setelah mengetahui segala simpanannya di BPRS itu aman. Itu dikarenakan, BPRS tempatnya menabung masuk dalam bank peserta Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) .

“Saya sempat panik, tapi ketika ingat BPRS tempat menabung merupakan bank peserta LPS membuat semakin tenang apalagi proses pencairannya sangat mudah. Saya hanya mengisi form di BPRS kemudian mencairkan uang di bank yang ditunjuk untuk jadi bank pembayar LPS , dan alhamdulillah langsung cair,” ujarnya dalam testimoni yang diberikan dalam laman YouTube LPS_IDIC Official .
LPS Tak Sekadar Menjamin, Tapi Juga Memberi Ketenangan

Pettaji Nambung (72), sedang melakukan video call pembukaan rekening tabungan Bank Syariah Indonesia (BSI) secara online di kios jualan sayurnya, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, 24 Januari 2021 lalu. Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menyatakan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap sektor lembaga jasa keuangan seperti perbankan masih tinggi di tengah pandemi Covid-19. Foto: SINDOnews/Maman Sukirman

Menurutnya, masyarakat kini tak perlu khawatir menabung di bank karena adanya LPS , apalagi proses penjaminnya bisa dipantau di website LPS .

Rudy Yana bisa memperoleh simpanannya karena LPS telah mengambil alih operasional dan melakukan pembayaran klaim penjaminan simpanan nasabah BPRS tersebut.



Hadirnya LPS menjadi penjamin dana nasabah diperbankan juga dirasakan, Risma, 34 tahun, yang telah menjadi nasabah di BPR Hasamitra, sejak Maret 2019. Menurutnya, dengan adanya LPS , nasabah tidak perlu khawatir dananya raib ketika bank itu bermasalah di kemudian hari.

“Dulu-dulu nasabah khawatir, kalau ada bank bermasalah dananya bisa saja hilang. Kini setelah ada LPS menjamin bank membuat rasa aman menabung di bank tersebut. Makanya, kalau mau menabung di bank saya selalu perhatikan apakah bank itu sudah masuk dalam peserta bank LPS ,” tuturnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2919 seconds (0.1#10.140)