alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Lepas Tim Tinju Sulsel, Gubernur Janji Kesejahteraan Atlet

Luqman Zainuddin
Lepas Tim Tinju Sulsel, Gubernur Janji Kesejahteraan Atlet
Gubernur Sulsel Prof HM Nurdin Abdullah menerima Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Sulsel yang dipimpin Ketuanya Adi Rasyid Ali di rumah jabatan gubernur, kemarin. Foto : Istimewa

MAKASSAR - Sebanyak 24 atlet tinju Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Sulsel dilepas Gubernur Sulsel, Prof HM Nurdin Abdullah, berlaga di Pra PON Ternate.

Pada Pra PON XX 2019 di Ternate, para atlet akan mengikuti 17 kelas yang dipertandingkan. Dua diantaranya adalah petinju putri. "Harapan kita, semoga bisa membawa nama besar Sulsel," tukas Gubernur.

Ia selanjutnya memberikan semangat dan perhatian kepada para atlet, serta memaparkan rencana gubernur untuk pengembangan dunia olahraga, termasuk dunia tinju amatir di Sulsel



"Anggaran kita terbatas. Saya lagi berpikir untuk meminta beberapa teman-teman baik perbankan, dunia usaha untuk menjadi bapak angkat beberapa cabang olahraga,” ungkapnya.

Pelibatan tersebut, untuk memberikan ruang agar mereka berbagi tugas dengan pemerintah. Bantuan tersebut dapat melalui Corporate Sosial Responsibility (CSR) perusahaan. "Sekaligus kita akan menyiapkan anggaran dari APBD," ujarnya.

Menurut Nurdin, atlet yang berprestasi, harus dibarengi dengan kesejahteraan mereka. Sehingga, prestasi atlet juga tidak pasang surut.

"Kita sudah mendapat salah satu fasilitas (Kawasan Stadion Mattoanging). Mudah-mudahan fasilitas latihan juga sudah tersedia. Bahkan nanti kita ingin ada wisma atlit supaya mereka bisa konsentrasi," jelasnnya.

Sementara itu Ketua Pertina Kota Makassar yang bertindak sebagai manajer tim Sulsel pada Pra PON XX di Ternate M Tawing, menjelaskan 17 atlet ini berasal dari beberapa kabupaten kota di Sulsel yang diseleksi secara ketat selama beberapa tahap.

”Seluruh atlet yang mengikuti Pra PON diseleksi secara ketat oleh tim seleksi dari Pertina Sulsel. Termasuk petinju-petinju yang meraih prestasi di Porda Pinrang 2018 lalu dan hasil dari sejumlah kejuaraan daerah dan nasional. Saat ini yang sudah pasti ada 12 kelas. Lima kelas lainnya masih akan kita seleksi untuk menggenapkan 17 kelas yang akan diikuti oleh Sulsel,” jelas Tawing.

Di ajang kualifikasi PON XX 2019, Cabor tinju akan digabung wilayah timur dan tengah yang terdiri dari 23 provinsi. Meliputi DKI Jakarta, Banten, Jabar, jateng Jogja, Jatim, Bali, NTB dan NTT, seluruh provinsi di pulau Kalimantan, seluruh provinsi di pulau Sulawesi, Maluku, Maluku Utara dan Papua Barat.

Sementara itu kelas-kelas yang akan dipertindingkan yakni untuk kategori putra kelas 46 Kg, 49 kg, kelas 52 kg, 56 kg, 60 kg, 64 kg, 69 kg, 75 kg, 81 kg dan 91 kg. Sedangkan untuk putri yakni 45 kg, 48 kg, 52 kg, 54 kg, 57, kg. 60 kg dan 64 kg.

Seluruh atlet dan official Pertina Sulsel akan meninggalkan Makassar menuju Ternate, Maluku Utara Rabu (18/09/2019), mendatang.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif