alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Jadi Tersangka Narkoba, Rachmat Taqwa Tetap Dilantik

Luqman Zainuddin
Jadi Tersangka Narkoba, Rachmat Taqwa Tetap Dilantik
Legislator PPP, Rachmat Taqwa tetap dilantik menjadi anggota DPRD Kota Makassar periode 2019-2024, meski tersandung kasus penyalahgunaan narkoba dan berstatus tersangka. Foto : SINDOnews/Doc

MAKASSAR - Legislator PPP, Rachmat Taqwa tetap dilantik menjadi anggota DPRD Kota Makassar periode 2019-2024, meski tersandung kasus penyalahgunaan narkoba dan berstatus tersangka.

Kepastian tetap dilantiknya Rachmat Taqwa disampaikan oleh Komisioner KPU Kota Makassar, Gunawan Mashar.

"Tetap dilantik. Tidak ada alasan untuk tidak melantik, karena bersangkutan tetap memenuhi syarat untuk dilantik sebagai anggota DPRD Makassar," tukasnya kepada SINDOnews, Senin (09/09/2019).



Menurut Gunawan, seandainya pun Rachmat Taqwa tak hadir saat pelantikan yang dilangsungkan hari ini, maka yang bersangkutan akan dilantik susulan.

"Teknisnya kalau begitu, sudah jadi urusan Sekwan. Bisa saja ada pelantikan susulan," sambung Gunawan.

Sebelumnya Gunawan menjelaskan, bahwa Caleg terpilih dibatalkan keterpilihan serta pelantikannya jika tersandung sebuah kasus dan menjadi terpidana berdasarkan keputusan pengadilan.

"Namun jika keputusan belum inkrah tetap memungkinkan untuk dilantik, kecuali dia dipecat partainya. Caleg yang sudah ditetapkan, namun kemudian menjadi terpidana, itu status penetapannya batal demi hukum," tukas Gunawan.

Sekadar diketahui, sekretariat DPRD Kota Makassar hari ini melantik 50 anggota DPRD Kota Makassar periode 2019-2024.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook