alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Realisasi Investasi di Kota Makassar Tembus Rp432 Miliar

Vivi Riski Indriani
Realisasi Investasi di Kota Makassar Tembus Rp432 Miliar
Realisasi investasi di Kota Makassar hingga triwulan II 2019 sudah menembus angka Rp432,51 miliar. Foto/Ilustrasi/Istimewa

MAKASSAR - Hingga triwulan II 2019, realisasi investasi di Kota Makassar menunjukkan tren positif. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PM-PTSP) Kota Makassar mencatat niliai investasi di Kota Daeng sudah menembus angka Rp432,51 miliar.

Berdasarkan data yang dihimpun SINDOnews, ada tujuh sektor yang berkontribusi realisasi investasi di Kota Makassar. Di antaranya yakni sektor jasa lainnya yang mencapai Rp162,50 miliar, sektor hotel dan restoran (Rp92,51 miliar) dan sektor perdagangan dan reparasi (Rp75,15 miliar).

Selanjutnya, sektor perumahan, kawasan industri dan perkantoran (Rp39,87 miliar), sektor transportasi, gudang dan telekomunikasi (Rp29,36 miliar) dan sektor industri makanan (Rp13,77 miliar). Adapun sektor industri mesin, elektronik, instrumen kedokteran, peralatan listrik, presisi, optik dan jam (Rp11,82 miliar).



“Jadi, jumlah itu terdiri dari Rp108,92 miliar untuk investasi penanaman modal asing (PMA) dan Rp323,58 miliar untuk investasi penanaman modal Dalam Negeri (PMDN)," kata Kepala Dinas PM-PTSP Kota Makassar, Andi Bukti Djufri, kepada SINDOnews.

Secara rinci, dalam investasi PMA sektor yang paling besar yakni sektor jasa lainnya yang menembus angka Rp47,48 miliar. Disusul sektor transportasi, gudang dan telekomunikasi (Rp27,09 miliar), serta sektor perdagangan dan reparasi (Rp21,50 miliar).

Sedangkan PMDN, investasi terbesar bergerak di sektor jasa lainnya yang mencapai (Rp115,01 miliar), diikuti sektor perdagangan dan reparasi (Rp53,64 miliar) serta sektor perumahan, kawasan industri dan perkantoran (Rp39,87 miliar).

Bukti mengatakan nilai investasi ini sangat berdampak pada pertumbuhan perekonomian di Kota Makassar. Sehingga diharapkan makin banyak investor yang ingin menanamkan modalnya di Kota Makassar.

Untuk itu, pihaknya selalu berupaya memberikan kemudahan kepada para investor yang ingin menanamkan modal di Makassar. Apalagi, pemerintah pusat telah mendorong pemerintah provinsi dan kabupaten/kota untuk memberikan kemudahan kepada para investor.

"Investasi inilah yang sangat menunjang pertumbuhan ekonomi Kota Makassae, makanya untuk izin-izin investasi di Makassar sama dengan di Sulsel itu kita selalu mudahkan," ujarnya.

Sementara, Kepala Seksi Perencanaan dan Pengawasan Penanaman Modal, Muksin, menyebutkan nilai invetasi di Kota Makassar untuk tahun 2018 lalu mencapai Rp2,19 triliun.

Sumbernya, Rp1,53 triliun untuk investasi PMA dan Rp661,04 miliar nilai investasi PMDN. “Tahun lalu itu, investasi sampai triwulan ke-IV Rp2,19 triliun, PMA itu Rp1,53 triliun san PMDN Rp661,04 miliar," tutupnya.



(tyk)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook