alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Bupati Undang Pengusaha di Maros Bahas Pengoptimalan Penerimaan Pajak

Najmi Limonu
Bupati Undang Pengusaha di Maros Bahas Pengoptimalan Penerimaan Pajak
Para pengusaha di Maros diundang untuk membasa terkait dengan pengoptimalan penerimaan pajak. Foto: Ilustrasi

MAROS - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maros secara khusus mengundang sejumlah pengusaha restoran, rumah makan, cafe, hotel, refleksi dan parkir untuk melakukan tatap muka dan membahas program pemasangan alat perekaman transaksi pajak secara online.

Hal ini dilakukan untuk mengoptimalkan penerimaan pendapatan daerah serta memperlancar program tersebut.

Bupati Maros HM Hatta Rahman secara khusus mengundang para pelaku usaha tersebut dengan surat yang bernomor 005/80/BPKDD. Dalam surat tersebut Hatta mengajak mereka untuk turut bersama dalam mengoptimalkan penerimaan pajak.



"Kita ini hanya menindaklanjuti surat edaran dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), tentang program pemberantasan korupsi terintegritas pemerintah kabupaten Maros. Serta untuk mengoptimalkan penerimaan pendapatan daerah," jelasnya.

Beberapa waktu lalu, Pemerintah Kabupaten Maros memang sedang gencar menggalakkan pemasangan alat perekaman transaksi pajak secara online.

Kepala Bagian (Kabag) Humas Sekretariat Daerah, Andi Dharmawati Sukiman menjelaskan, Pemkab Maros melalui Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) meluncurkan alat penunjang online sistem pelaporan pajak restoran dan rumah makan.

Peluncuran pelaporan pajak online kata dia untuk seluruh usaha restoran dan rumah makan ini mulai diberlakukan pada pertengahan bulan Juni lalu. (18/06/2019).

Selama ini kata dia, restauran wajib pajak hanya menyetorkan pajaknya tanpa disertai jumlah laporan pemungutan pajak dari pelanggan. Sementara untuk restoran, dan rumah makan yang ada di Maros berjumlah sekitar 120 restoran dan rumah makan yang memungut pajak.

"Akan tetapi untuk tahap awal alat penunjang online sistem pelaporan pajak ini baru akan dipasang di 50 restoran. Namun untuk tahap awal launching ini baru kita lakukan pemasangan 11 alat kontrol kasir," sebutnya.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif