alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Jelang Pilwalkot Makassar, Danny Pomanto dan Syamsu Rizal Belum Tersaingi

Luqman Zainuddin
Jelang Pilwalkot Makassar, Danny Pomanto dan Syamsu Rizal Belum Tersaingi
Moh Ramdhan Pomanto dan Deng Ical menjadi dua kandidat yang memiliki popularitas paling tinggi. Foto: Istimewa

MAKASSAR - Tingkat popularitas dan penerimaan masyarakat terhadap figur lama menjelang Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwalkot) Makassar tahun depan, masih tinggi. Hal Itu tergambar dalam survei Insert Institute baru-baru ini.

Direktur lembaga survei Insert Institue, Muhammad Aris menyebutkan, nama seperti Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto dan Syamsu Rizal adalah dua figur lama yang masih akan mendominasi peta pertarungan Pilwalkot Makassar 2020. Keduanya, memiliki tingkat popularitas dan penerimaan cukup tinggi di tengah masyarakat.

Jika merujuk pada hasil survei Pilwalkot Makassar 2020 yang Insert Institute lakukan pada 12-17 Agustus 2019 lalu, Aris menyebut mayoritas koresponden menempatkan kedua nama itu sebagai pilihan teratas. Ketimbang nama-nama lain, seperti Munafri Arifuddin (Appi) atau Andi Rachmatika Dewi.



“Pemaknaan survei, Danny dan Deng Ical (Syamsu Rizal) ini masih diterima oleh masyakarat. Dibandingkan misalnya penerimaan terhadap Appi. Appi jauh di bawah kedua calon ini. Pemaknaan masyarakat dan kepuasan masyarakat masih tinggi terhadap dua calon ini (Danny dan Ical),” beber Aris kepada SINDOnews, Senin (9/9/2019).

Kondisi itu, kata Aris juga ikut dipengaruhi oleh penerimaan dan kepuasan koresponden terhadap Danny dan Deng Ical selama menjadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota periode 2014-2019. Malah, dalam survei itu kata dia, juga terpotret keinginan masyarakat untuk keduanya kembali berpasangan di Pilwalkot Makassar 2020.

Sementara elektabilitas, menurut Aris, Danny Pomanto masih yang tertinggi dengan 51%. Disusul Deng Ical memiliki elektabilitas 31%. Kemudian Appi 10%. Sisanya terbagi ke beberapa bakal calon.

“Elektabilitas ini dari pertanyaan tertutup, andai Pilwalkot Makassar dilakukan hari ini, siapa yang akan anda pilih?, nah dua nama ini paling tinggi,” ungkapnya.

Aris juga mengungkap, dalam survei yang melibatkan 800 responden ini, figur milenial muncul menjadi opsi pilihan dalam bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar.

Figur milenial tersebut, seperti pemilik RSIA Ananda dr Fadli Ananda, politisi Golkar Nurhaldin, sampai direktur CRC Herman Heizer. Figur lain yang juga terpotret menjadi opsi pilihan koresponden adalah Zakir Sabara dan Sukriansyah S Latief.

Sementara itu, Fadli Ananda mengakui jika keberadaan figur lama memang tetap menjadi momok bagi kalangan pendatang seperti dirinya. Meski begitu, menurut dia, saat ini menjadi era dimana kalangan milenial ikut berpartisipasi dalam berbagai event, termasuk politik.

“Kita ingin Makassar dipimpin oleh anak muda, atau orang yang berfikiran anak muda. Sudah waktunya sekarang anak muda yang terlibat," ucap Fadli saat ditemui di jalan Andi Djemma baru-baru ini.

Sementara itu, bakal calon Wali Kota Makassar lainnya, Muhammad Ismak yang telah bergerak lebih cepat dari figur lainnya. Bahkan, Ketua Asosiasi Advokat Indonesia (AAI) ini, telah mengukuhkan tim pemenangan, Sabtu (7/9) lalu.



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif