Bermasalah dengan Kolesterol? 5 Makanan Ini Bisa Mengatasinya

Senin, 25 Januari 2021 - 21:31 WIB
loading...
Bermasalah dengan Kolesterol? 5 Makanan Ini Bisa Mengatasinya
Jika Anda memiliki kolesterol berlebih dalam tubuh, ini bisa meningkatkan risiko serangan jantung dan kondisi kardiovaskular lainnya. Bagaimana mengatasinya? Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Kolesterol pada kadar yang normal merupakan zat esensial bagi tubuh, namun jika ada kolesterol berlebih dalam tubuh Anda, itu akan disimpan di dinding bagian dalam pembuluh darah sehingga akan mengurangi dan membatasi aliran darah. Efeknya, meningkatkan risiko serangan jantung dan kondisi kardiovaskular lainnya.

Seperti diketahui, ada dua jenis kolesterol yaitu, kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan HDL (kolesterol baik). Kadar kolesterol LDL yang tinggi akan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, termasuk serangan jantung dan penyakit jantung lainnya.



Dilansir Boldsky, berikut adalah beberapa makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

1. Almond
Kacang Almond mengandung lemak tak jenuh tunggal yang bisa menyehatkan jantung dan serat yang membantu meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat. Kacang ini adalah makanan ringan dengan rasa yang enak, dan Anda bisa menambahkannya ke dalam salad atau oatmeal.

2. Kedelai
Orang yang memiliki kolesterol tinggi dapat menambahkan kedelai ke dalam menu makanannya, karena kedelai kaya akan protein nabati. Selain itu kedelai juga mengandung lemak tak jenuh ganda, vitamin, mineral, dan serat tinggi yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat.

3. Bawang putih
Ekstrak bawang putih diyakini dapat membantu menurunkan kolesterol dan kadar LDL. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa mengonsumsi bawang putih setiap hari selama dua bulan secara teratur akan menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung.



4. Alpukat
Alpukat kaya akan kandungan vitamin B kompleks, vitamin K, dan beberapa mineral. Buah ini juga mengandung sterol dengan sifat penurun kolesterol. Anda bisa tambahkan ½ buah alpukat ke dalam salad atau konsumsi buahnya secara langsung.

5. Bayam
Bayam mengandung lutein yaitu zat yang membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh. Kandungan ini juga membantu mencegah serangan jantung dengan membantu dinding arteri menghilangkan kolesterol jahat yang menyebabkan penyumbatan.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3064 seconds (0.1#10.140)