alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Integrasi Data OPD Sulsel Ditarget Rampung Pekan Depan

Tim Sindonews
Integrasi Data OPD Sulsel Ditarget Rampung Pekan Depan
sosialisasi tahap pertama pengintegrasian data seluruh organisasi perangkat daerah lingkup Pemprov Sulsel, Kamis (29/8/2019). Foto: Istimewa

MAKASSAR - Dinas Komunikasi Informasi Statistik dan Persandian (Diskominfo-SP) Sulawesi Selatan (Sulsel) melakukan sosialisasi tahap pertama pengintegrasian data seluruh OPD.

Kepala Dinas Kominfo SP Sulsel, Hasdullah mengatakan, integrasi data merupakan bagian dan tindak lanjut penilaian sistem pemerintahan berbasis elektronik. Sekaligus sesuai dengan petujuk dan harapan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel.

"Hingga saat ini Diskominfo-SP sedang menjalankan beberapa aplikasi baik untuk layanan seperti aplikasi Baruga, serta aplikasi smart office dan yang sedang disosialisasikan adalah aprlikasi i-Data,” kata hasdullah.



Hasdullah menjelaskan, saat ini pihaknya menjalankan sejumlah aplikasi, seperti aplikasi baruga yang dibuat untuk layanan aduan masyarakan Sulsel. Hasdullah berharap dengan aplikasi Baruga, diharapkan semua OPD agar proaktif dalam menanggapi aduan yang masuk.

Selain itu, juga ada aplikasi smart office. Itu adalah aplikasi pengingat mengenai adminstrasi persuratan. Baik surat yang masuk ataupun surat ke luar.

“Aplikasi smart office ini penting bagi OPD dimana admin diharapkan bisa bertanggung jawab dalam memantau dan mengingatkan pimpinan atas surat yang masuk atau keluar karena kadang terabaikan,” katanya.

“Lalu yang terakhir adalah i-Data yang diharapkan dapat terintegrasi dengan aplikasi lainnya sehingga memudahkan dalam mengakses data antar OPD," tambah Hasullah.

Hasdullah juga menambahkan jika saat ini Diskominfo SP Sulsel juga terus melakukan efisiensi anggaran dalam setiap program. Diantaranya, dengan melakukan penyatuan bandwidth, pemasangan wifi, yang diharapkan untuk terkoneksinya data dengan seluruh OPD.

“Diharapkan tanggal 15 September mendatang semua jaringan sudah terkoneksi dengan seluruh OPD. Serta berharap OPD yang belum menjadi subdomain sulselprov.go.id agar segera melakukannya atau mendaftarkan ke Diskominfo SP, Hadirnya aplikasi i-Data akan memudahkan data lintas OPD, karena bisa diakses kapan saja termasuk masyarakat dapat mengetahuinya sehingga kepercayaan masyarakat ke pemerintah semakin meningkat,” tutupnya.



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif