alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

ACC Desak Kejaksaan Tetapkan Tersangka Kasus Alsintan Lutim

Fitra Budin
ACC Desak Kejaksaan Tetapkan Tersangka Kasus Alsintan Lutim
ACC Sulawesi mendesak kejaksaan segera menetapkan tersangka kasus dugaan penjualan bantuan hibah alsintan di Lutim. Foto/Ilustrasi/SINDOnews

LUWU TIMUR - Anti Corruption Committee (ACC) Sulawesi menyoroti penanganan kasus dugaan penjualan bantuan hibah alat mesin pertanian (alsintan) di Kabupaten Luwu Timur (Lutim). Kejaksaan Negeri Lutim diketahui sudah menaikkan status perkara ke tahap penyidikan, tapi belum menetapkan tersangka.

Direktur ACC Sulawesi, Abdul Kadir Wokanubun, menyampaikan langkah kejaksaan itu bisa menimbulkan asumsi negatif di publik. Kalau perkara ini memang sudah dinaikkan ke tahap penyidikan, ACC mendesak kejaksaan segera menetapkan tersangka.

Kadir menyebut kejaksaan sejatinya tidak membiarkan kasus ini berlarut-larut. Jika memang alat bukti sudah cukup, Koorps Adhyaksa harus memberikan kepastian hukum. "Mestinya jaksa sudah menetapkan tersangka kasus alsintan ini," kata Kadir, saat dihubungi SINDOnews, Rabu (11/9/2019).



Kadir meminta kejaksaan bersikap lebih transparan dalam pengungkapan kasus alsintan ini. Toh, Kepala Kejari Lutim, Yohannes Avilla Agus Awanto Putra, memang sudah merilis ke media terkait peningkatan status perkara ke tahap penyidikan.

"Kalau statusnya sudah tahap penyidikan sebagaimana kata Kajari, maka itu artinya sudah ada dua alat bukti yang cukup. Harusnya kejaksaan juga membuka ke publik terkait siapa tersangka dalam kasus alsintan ini," terang Kadir.

Kasus alsintan ini diketahui dilaporkan oleh masyarakat. Terlapornya adalah legislator Gerindra, Aris Situmorang. Ia diduga menyalahgunakan kewenangan dengan menarik lalu menjuual alsintan merek John Deree milik kelompok tani Sukar Sari II Desa Margomulyo, Tomoni Timur.

Kepala Kejari Lutim, Yohannes Avilla Agus Awanto Putra, sebelumnya menyampaikan pihak penyidik akan menetapkan tersangka kasus alsintan ini. Diakuinya status perkara sudah ditingkatkan ke penyidikan, tapi untuk penetapan tersangka, pihaknya ingin mempertajam lagi bukti yang ada.

"Kasus tersebut sudah dinaikan ke penyidikan dan menemukan tersangkanya. Tersangkanya siapa, saya tidak tahu. Nanti pihak penyidik yang menggali dan menemukan alat bukti," ujar dia.

Yohannes juga menegaskan kejaksaan pun tidak ingin membuat kasus alsintan ini berlarut-larut. Namun, pihaknya tidak mau gegabah dan harus mengumpulkan alat bukti yang kuat sebelum mengekspose perkara tersebut ke publik. "Kalau sudah ditemukan tersangkanya, kami akan langsung ekspos," pungkasnya.



(tyk)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook