alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Hari ke-14 Operasi Patuh, Polisi Maros Jaring 1.151 Kendaraan Bermotor

Najmi Limonu
Hari ke-14 Operasi Patuh, Polisi Maros Jaring 1.151 Kendaraan Bermotor
Polisi menjaring sedikitnya 1.151 kendaraan bermotor selama pelaksanaan Operasi Patuh 2019 di Kabupaten Maros. Foto: SINDOnew/Najmi Limonu

MAROS - Pelaksanaan Operasi Patuh 2019 akan berakhir pada hari ini, Rabu (11/9/2019). Di Kabupaten Maros, Sulsel, selama 14 hari terakhir ini, polisi lalu lintas sedikitnya berhasil menjaring 1.151 kendaraan bermotor dengan pelanggaran yang berbeda-beda.

Kanit Turjawali Satuan Lalu Lintas Polres Maros, Ipda OS Fredy, mengungkap kebanyakan pelanggaran dilakukan oleh pengemudi roda dua alias sepeda motor. Lebih spesifik lagi, rata-rata pelanggarannya adalah tidak mampu menunjukkan kelengkapan surat kendaraan.

"Selama pelaksanaan operasi, pengendara yang terjaring didominasi roda dua. Umumnya pengendara tidak dilengkapi dengan surat-surat kendaraan bermotor. Tak hanya itu, ada juga pengendara yang pajak motornya belum diperpanjang," terang Fredy, kepada SINDOnews, Rabu (11/9/2019).



Sejak hari pertama hingga berakhirnya pelaksanaan Operasi Patuh, rata-rata dalam sehari, polisi menilang 80 pelanggar. Operasi Patuh ini digelar Polres Maros dari dua arah yakni Maros menuju Makassar ataupun sebaliknya.

Kasat Lantas Polres Maros, AKP Amalia Normadiah, menambahkan pelanggaran yang menjadi fokus penindakan, seperti berkendara di bawah umur, tidak menggunakan helm SNI dan sabuk pengaman bagi roda empat. Termasuk berkendara di bawah pengaruh alkohol, menggunakan rotator maupun sirine yang bukan peruntukannya dan tidak melengkapi administrasi kendaraan.

"Ditekankan lagi ada tiga poin yakni melawan arus, berkendara di bawah umur dan tidak mengenakan helm SNI," ujarnya.

Mantan Kapolsek Mandai ini mengimbau pengendara agar tetap disiplin berkendara dan mematuhi kelengkapan kendaraan. Sekadar diketahui, Operasi Patuh digelar selama 14 hari, mulai 29 Agustus sampai 11 September 2019.



(tyk)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook