alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Polisi Periksa 11 Saksi Dugaan Makar Pengibaran Bendera Bintang Kejora

Tim Sindonews
Polisi Periksa 11 Saksi Dugaan Makar Pengibaran Bendera Bintang Kejora
Pengibaran bendera bintang kejora terjadi di beberapa daerah saat kerusuhan Papua. Selain di Fakfak, kejadian itu juga terjadi di Sorong. Foto: Chanry Andrew Suripatty/MNC Media

FAKFAK - Kepolisian terus berusaha menuntaskan sederet kasus yang terjadi saat kerusuhan di Tanah Papua, beberapa waktu lalu. Salah satu yang menjadi atensi adalah dugaan makar berupa pengibaran bendera bintang kejora di dua lokasi berbeda di Kabupaten Fakfak, Papua Barat.

Pengibaran bendera bintang kejora dilaporkan terjadi di depan Kantor Dewan Adat Mbaham Matta. Selain itu, ada pula yang menyaksikan pembawa bendera bintang kejora saat menuju Pasar Thumburuni pada aksi yang berujung kerusuhan pada 21 Agustus lalu.

Kasat Reskrim Polres Fakfak, AKP Misbachul Munir, mengungkapkan kasus dugaan makar pengibaran bendera bintang kejora masih terus didalami. Sejauh ini, sudah ada 11 orang yang dimintai keterangan. Namun, semuanya masih berstatus saksi.



Misbachul melanjutkan pihaknya juga tengah mendalami adanya ucapan atau ungkapan makar terkait Papua merdeka. “Ada indikasi ungkapan kata Papua Merdeka pada saat itu. Kami melakukan pemeriksaan terhadap para saksi berjumlah 11 orang,” ucap dia, dilansir dari laman tribratanews polri.

Lebih lanjut, ia menyampaikan sampai dengan saat ini, pihaknya masih menunggu koordinasi dengan kejaksaan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. “Kita masih menunggu kesedian waktu jaksa untuk menggelar perkara bersama." ujar Misbachul.

Rencananya, kepolisian dan kejaksaan akan melakukan gelar perkara terkait kasus dugaan makar pengibaran bendera bintang kejora. Termasuk mendalami peran para saksi yang ada saat kejadian tersebut. "Untuk status saksi yang naik jadi tersangka masih dipelajari,” pungkasnya.



(tyk)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif