alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Gubernur Sulawesi Selatan Fokus Genjot Program Produktif

Tim Sindonews
Gubernur Sulawesi Selatan Fokus Genjot Program Produktif
Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah meminta OPD berfokus untuk menggenjot program produktif. Foto: Istimewa

MAKASSAR - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah, bersama jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) akan fokus menggenjot program produktif. Hal tersebut disampaikan Nurdin di sela kunjungannya di Kantor Bappeda Sulsel, Rabu (11/9/2019).

Nurdin menyebut Bappeda dan Balitbangda akan menjadi sentra perencanaan untuk merealisasikan Sulsel unggul. Untuk itu pula, ia meminta seluruh pimpinan OPD merencanakan penggunaan anggaran untuk program-program yang memang produktif.

“Kita harus kelola APBD dengan baik untuk persiapkan diri menuju 2025. Kita anggarkan pada hal-hal yang produktif,” kata mantan Bupati Bantaeng dua periode ini.



Nurdin memperingatkan kepada seluruh ASN lingkup Pemprov Sulsel untuk mulai mempersiapkan diri menghadapi perubahan. Sinergitas harus dikedepankan untuk mengantarkan Sulsel menjadi daerah yang unggul. Apalagi Indonesia mendapat bonus demografi 2025.

“Banyak pakar meramalkan bahwa Indonesia akan menjadi satu di antara negara terkuat dunia pada tahun 2025. Kita harus persiapkan diri menghadapi perubahan itu,” jelas Nurdin.

Lebih jauh, Nurdin menyinggung soal sektor unggulan yang perlu dieksplorasi. Salah satunya yakni sektor pertanian, dimana ada beberapa komoditas yang kejayaannya bisa dikembalikan. Di antaranya yakni kakao, mete, jeruk dan tanaman pangan.

Sulsel dengan segudang keunggulan, ungkap Nurdin akan menjadi daerah yang paling potensial untuk berkembang. Dengan catatan SDM harus siap. Nurdin menyebut misalnya soal pemindahan ibu kota ke Kaltim, Sulsel tentunya menjadi daerah yang diuntungkan.

“Apalagi kalau Ibu Kota Negara jadi pindah ke Kalimantan Timur, Sulsel paling diuntungkan. Kita harus siap. Sekarang saja, belum jadi Ibu Kota, kebutuhan Kalimatan dipasok dari Sulsel,” jelasnya.



(tyk)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook