alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Politisi PKB Bulukumba: Anggota DPRD Harus Cerdas!

Eky Hendrawan
Politisi PKB Bulukumba: Anggota DPRD Harus Cerdas!
Ketua PKB Bulukumba menegaskan, jika anggota DPRD haruslah cerdas. Foto: SINDOnews/Ilustrasi

BULUKUMBA - Orientasi dan Bimtek anggota DPRD Kabupaten Bulukumba periode 2019-2024 baru-baru ini mendapat sorotan masyarakat, lantaran dianggap pemborosan. Gara-gara itu, sekretariat DPRD Kabupaten Bulukumba pun melakukan talk show terkait polemik tersebut, Rabu (10/9/2019).

Talk show itu mengangkat tema, "Mengurai Polemik Orientasi Pendalam Tugas Anggota DPRD, Antara Urgensi dan Ketaatan Terhadap Regulasi Vs Pemborosan". Kegiatan itu menghadirkan pembicara dari berbagai eleman. Mulai dari politisi, anggota dewan, hingga komite pemantau legislatif (Kopel).

Salah seorang pembicara, Fahidin HDK menilai, bahwa orientasi untuk anggota DPRD merupakan hak anggota legislatif. Selain sebagai hak, orientasi itu dipercaya Fahidin memberikan bekal ilmu kepada anggota DPRD dalam menjalankan fungsinya.



"DPRD adalah tempatnya orang cerdas. Hasil orientasi ini tidak ada alasan lagi mengatakan tidak tahu," kata Fahidin yang juga merupakan ketua PKB Bulukumba.

Pembicara lainnya, Sekretaris DPRD Bulukumba, Daud Kahal, mengatakan bahwa orientasi diatur dalam Permendagri nomor 133 tahun 2017 tentang pedoman penyelenggaraan orientasi dan pendalaman tugas bagi anggota DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota.

"Di kegiatan orientasi, DPRD diberi ilmu, termasuk pembekalan nilai-nilai kebangsaan,” kata Daud yang merupakan mantan Kabag Humas Setkab Bulukumba itu.

Menurut Daud, tidak ada yang namanya anggota baru ataupun anggota lama. Semuanya menurut dia memiliki hak melaksanakan orentasi ataupun Bimbingan Teknis (Bimtek). Sebagaimana diatur UU 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, yakni 6 kali dalam setahun, 3 kali didalam daerah dan 3 di luar daerah.

”Orientasi ataupun Bimteknya juga tidak sembarangan, harus yang berkompeten seperti BPSDM, Perguruan Tinggi atau Parpol, tergantung apa yang direkomendasikan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri),” jelas Daud.

Beberapa masyarakat hadir dikegiatan tersebut, salah satunya mantan aktivis Bulukumba Musafir, serta mantan ketua KIPP Ahmad Gazali. 



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook