TOPIK TERPOPULER

LPkM UMI Sosialisasi Kantin Sehat di SDI Katangka Gowa

Tim SINDOnews
LPkM UMI Sosialisasi Kantin Sehat di SDI Katangka Gowa
Tim Dosen pengabdi UMI memberikan penjelaskan soal kantin sehat kepada siswa di SDI Katangka Gowa, Selasa (26/1/2021). Foto: Istimewa

MAKASSAR - Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPkM) Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar menggelar program pengabdian dosen pemula di SDI Katangka Gowa, Selasa (26/1/2021).

Pengabdian yang bertajuk 'Kantin Sehat dengan Generasi Sehat di SDI Katangka Gowa' ini diikuti oleh para guru dan siswa. Kepala Sekolah SDI Katangka Gowa Hj Nadira turut menyambut Tim Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat UMI Makassar yang terdiri dari Nurfardiansyah Bur dan Septianty.



Menurut Ketua Tim Pengabdian Nurfardiansyah Bur, kantin sehat merupakan suatu ruang atau bangunan di sekolah yang dimanfaatkan untuk menyediakan makanan dan minuman sehat untuk melayani warga sekolah. Kesehatan merupakan salah satu faktor penting dalam upaya pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), termasuk pendidikan.

Baca Juga: UMI Kirimkan Bantuan Logistik untuk Korban Bencana di Sulbar

"Pendidikan formal di Indonesia diawali pada jenjang Sekolah Dasar (SD) yang memfokuskan pendidikan pada anak-anak usia 6- 12 tahun. Terlebih lagi saat ini kita masih berada ditengah kondisi wabah Covid-19 yang tentunya sangat mempengaruhi derajat kesehatan warga Indonesia khususnya anak SD," jelasnya.

Kondisi ini jugalah yang dialami guru-guru dan siswa-siswi. Hal ini tampak melalui interaksi antara pemateri dengan guru-guru serta murid di SDI Kaatangka Gowa dalam kegiatan penyuluhan terkait kantin sehat. Selain itu, Tim Pengabdian UMI ini juga memberikan etalase percontohan untuk tempat makanan agar terhindar dari bakteri serta poster untuk edukasi guru-guru serta murid-murid terkait kantin sehat itu seperti apa sesuai standar kesehatan.

"Harapan kami sebagai Tim Dosen pengabdi agar etalase percontohan ini dimanfaatkan dan meningkatkan pengetahuan terkait kantin sehat agar derajat kesehatan dari bawah tercapai," pungkasnya.



Baca Juga: Workshop OBE Usai, Persiapan UMI untuk Akreditasi Internasional Makin Mantap



(agn)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!