alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Produk Asal Sulsel Raih Penghargaan Dekranasda Award

Suwarny Dammar
Produk Asal Sulsel Raih Penghargaan Dekranasda Award
Ibu Negara RI Iriana dan Ketua Umum Dekranasda, Mufidah Jusuf Kalla saat mengunjungi stand dari Dekranasda Sulsel. Foto: Istimewa

JAKARTA - Prestasi gemilang kembali diperoleh wakil Sulsel di ajang pameran Kriyanusa yang diselenggarakan Dekranasda, di Balai Kartini, Jakarta, Rabu (11/09/2019).

Beragam produk Sulsel dihadirkan pada pameran tersebut, dua diantaranya mendapat penghargaan dalam Dekranasda award.

Penghargaan tersebut diterima Ketua Dekranasda Sulsel, Liestiaty F Nurdin istri Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah. Hadir pada kegiatan tersebut Ibu Negara Iriana dan Ketua Umum Dekranasda, Mufidah Jusuf Kalla, yang juga berkesempatan mengunjungi stand Dekranasda Sulsel dengan memamerkan berbagai produk kerajinan khas Sulsel ditampilkan seperti songko to Bone, sutra Wajo hingga baju bodo.



Liestiaty F Nurdin mengatakan, penghargaan Dekranasda Award diperoleh untuk kategori kualitas produk terbaik, yakni untuk produk asal Kabupaten Bone dengan kerajinan Songko to Bone dan Takalar dengan gerabahnya.

“Alhamdulillah produk Sulsel diakui kualitasnya, tentu penghargaan ini membuat bangga dan akan menjadi motivasi baru bagi pengrajin agar ke depannya bisa menciptakan inovasi-inovasi baru,” ungkapnya, saat dihubungi.

Dia menuturkan, untuk kegiatan seperti ini, Sulsel tiap tahun hadir meramaikan dengan memamerkan hasil-hasil kerajinan daerah.

Pameran Kriyanusa merupakan pameran kerajinan terbesar yang diselenggarakan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) setiap tahunnya.

Ketua Harian Dekranas Erni Tjahjo Kumolo, Pameran Kriyanusa 2019 merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka HUT Dekranas ke-39. Pameran ini diselenggarakan Dekranas secara berkala dan tahun ini merupakan penyelenggaraan yang keempat.

“Tema Pameran Kriyanusa tahun 2019 adalah Peningkatan Daya Saing Produk Kerajinan Melalui Pengembangan Kreativitas dan Kewirausahaan,” kata Ibu Erni.

Dalam sambutannya, Ketua Umum Dekranas Ibu Mufidah Jusuf Kalla mengungkapkan Dekranas dan Dekranasda bersama instansi terkait telah melakukan beberapa upaya pembinaan dan pengembangan produk kerajinan dengan tujuan untuk meningkatkan daya saingnya.

“Hasilnya akan ditampilkan pada Pameran Kriyanusa 2019 ini,” kata Ibu Mufidah.

Menurutnya, industri kerajinan merupakan bagian dari ekonomi kreatif yang pertumbuhannya sangat cepat serta berkembang di seluruh pelosok Tanah Air dari skala mikro, kecil, hingga skala menengah. Industri kerajinan juga memiliki peranan yang cukup strategis dalam perekonomian nasional yang secara historis sangat lekat dengan keseharian kehidupan rakyat Indonesia.

“Oleh sebab itu, produk kerajinan bisa menjadi andalan mata pencaharian, terutama dengan pemanfaatan sumber daya setempat dan pengembangan kreatif lokal,” ujar Ibu Mufidah.

Dengan diadakannya Pameran Kriyanusa 2019, Ibu Mufidah berharap produk kerajinan semakin maju sehingga dapat menembus pasar global yang lebih besar lagi. Ia pun menyampaikan apresiasinya bagi seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam pameran tersebut.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif