6 Makanan Sehat Ini Bisa Redakan Stress, Coba Yuk!

Selasa, 26 Januari 2021 - 09:57 WIB
loading...
6 Makanan Sehat Ini Bisa Redakan Stress, Coba Yuk!
Mengonsumsi makanan sehat disebut ampuh meredakan stress. Foto: Ilustrasi/Istimewa
A A A
MAKASSAR - Mengonsumsi makanan sehat disebut ampuh meredakan stress. Karena bisa meningkatkan kadar serotonin, sehingga membuat suasana hati jadi lebih baik. Sementara kadar kortisol dan adrenalin yang memengaruhi hormon stres akan terputus.

Mengutip dari WebMD, Senin (25/1/2021), berikut ini asupan sehat yang bisa membantu seseorang meredakan stres.

1. Karbohidrat kompleks
Senyawa serotonin bisa dihasilkan dengan dorongan karbohidrat yang dikonsumsi. Pilihan terbaik untuk mendapatkannya adalah karbohidrat kompleks seperti roti gandum, pasta, dan oatmeal.

2. Karbohidrat sederhana
Karbohidrat sederhana memiliki reaksi yang sama seperti karbohidrat kompleks terhadap senyawa serotonin. Namun, memiliki durasi waktu yang singkat. Ini bisa dijadikan alternatif dalam keadaan darurat. Karbohidrat sederhana di antaranya makanan dan minuman manis. Walaupun sedikit berperan, tetap harus membatasi asupannya.



3. Jeruk
Penelitian membuktikan bahwa vitamin C pada jeruk dapat mengurangi kadar hormon stres sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Bayam
Berikan tubuh asupan magnesium yang cukup. Kekurangan mineral ini dapat memicu sakit kepala, kelelahan, dan memperparah stres. Konsumsi setidaknya satu cangkir bayam atau sayuran hijau lainnya.

5. Ikan berlemak
Asam lemak omega-3 pada ikan dapat mencegah lonjakan hormon stres dan membantu melindungi dari penyakit jantung, depresi, dan sindrom pramenstruasi.

6. Sayuran mentah
Renyahnya sayuran mentah yang bisa didapatkan dari wortel atau batang seledri dapat membantu meredakan stres dengan cara mekanis murni. Ini membantu melepaskan rahang yang terkatup rapat dan menangkal ketegangan.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1615 seconds (0.1#10.140)