alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Samsat Makassar II Raup PKB Rp574 Juta Selama Operasi Patuh

Syachrul Arsyad
Samsat Makassar II Raup PKB Rp574 Juta Selama Operasi Patuh
Samsat Makassar II berhasil mengumpulkan Rp574 juta dari Pajak Kendaraan Bermotor selama pelaksanaan Operasi Patuh 2019. Foto: SINDOnews/Syachrul Arsyad

MAKASSAR - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pendapatan Samsat Wilayah Makassar II berhasil meraup pemasukan kas negara total Rp574 juta dari pajak kendaraan bermotor (PKB).

Pendapatan itu didapatkan dari keterlibatannya dalam Operasi Patuh 2019 yang dikerjasamakan dengan Satlantas Polrestabes Makassar dan Polres Pelabuhan. Diketahui operasi ini digelar secara serentak di seluruh Indonesia sejak 29 Agustus hingga 11 September 2019.

Kepala UPT Pendapatan Samsat Wilayah Makassar II, Gita Ikayani, menuturkan dalam Operasi Patuh, pihaknya juga bersinergi dengan provost TNI untuk menertibkan para wajib pajak yang menunggak pajak kendaraan. Sementara pihak kepolisian menindaki para pengendara yang tidak memiliki kelengkapan dan melanggar aturan lalu lintas.



"Ini sinergi yang baik untuk memberi efek jera kepada pengendara, kesadaran serta mengurangi angka kecelakaan lalu lintas. Selain itu dengan operasi patuh 2019 dapat memberi sumbangsih kepada negara dari hasil tilang dan penertiban pajak," ujar Gita kepada SINDOnews, Kamis (12/9/2019).

Gita juga berterima kasih kepada jajaran Salantas Polrestabes dan Polres Pelabuhan Makassar yang telah melibatkan UPT Samsat Wilayah Makassar II dalam Operasi Patuh 2019. "Kami kerja bersama untuk negara dan kesejahteraan rakyat," tegas dia.

Sementara Kepala Seksi Pendataan dan Penagihan Makassar II, Muh Doddy Rahmat, mencatat mampu menjaring kendaraan roda dua sebanyak 120 unit dan roda empat 158 unit selama terlibat dalam Operasi Patuh 2019. Jika ditotalkan, pemasukan ke kas negara dari PKB senilai Rp577.456.714.

Dia tak menampik, banyak efek positif dari giat Operasi Patuh. Di antaranya yakni angka kecelakaan bisa ditekan, tingkat kepatuhan masyarakat berkendara semakin baik, pembuatan surat-surat dan pembayaran pajak kendaraan meningkat signifikan.

"Kami berharap kegiatan operasi besar begini dilaksanakan bukan cuma dua kali dalam setahun. Tapi kami berharap per tiga bulan, mengingat efek positif yang luar biasa besar buat masyarakat dan negara," pungkas Doddy.



(tyk)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif