alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Tiga Kue Tradisional Bugis Makassar Kesukaan BJ Habibie

Tri Yari Kurniawan
Tiga Kue Tradisional Bugis Makassar Kesukaan BJ Habibie
Mendiang BJ Habibie menyukai tiga kue tradisional Bugis Makassar yakni barongko, putu pessa dan sanggara bandang. Foto/SINDOnews

MAKASSAR - Presiden ketiga Republik Indonesia, BJ Habibie, meninggal dunia di RSPAD Gatot Soebroto, Rabu (11/9/2019). Kepergian Mr Crack-julukan BJ Habibie, meninggalkan duka mendalam bukan hanya bagi kerabat, tapi juga seluruh masyarakat Indonesia.

Banyak kisah keteladanan tentang mendiang BJ Habibie. Mulai dari kecerdasan sebagai seorang ahli penerbangan hingga kesetiaan sebagai pendamping hidup. Namun, tidak banyak yang bercerita mengenai kuliner kesukaan suami almarhumah Hasri Ainun Besari ini.

Cerita tentang makanan kesukaan BJ Habibie pernah ditulis sahabat dekatnya, Andi Makmur Makka, dalam buku berjudul 'Habibie: Totalitas Sang Teknosof'. Buku yang diterbitkan sebagai persembahan dalam rangka HUT ke-80 BJ Habibie ini banyak mengulas kisah pribadinya.



Makmur menuliskan bahwa ada tiga kue tradisional Bugis-Makassar kesukaan BJ Habibie. Penganan itu kerap dicarinya ketika ia pulang ke tanah kelahirannya di Kota Parepare. Kuliner khas Bugis-Makassar ini abadi bersama kenangan masa kecilnya.

"Apa makanan kegemaran BJ Habibie? Kecuali menu makanan sehari-hari, makanan tradisional Bugis Makassar yang disenangi ya barongko, putu pesse dan sanggara bandang," tulis Andi Makmur Makka dalam buku Habibie: Totalitas Sang Teknosof pada halaman 12.

Berikut penjelasan terkait tiga kuliner khas Bugis-Makasssar kesukaan BJ Habibie:

1. Barongko
Barongko adalah kue tradisional asal Sulsel yang dibuat dari pisang gepok, campur santan sedikit, lalu dicacah sampai lumat. Kemudian, bahan itu dibungkus dengan daun kelapa muda, lalu dikukus. Setelah dikukus, kue barongko sudah cair dan berair.

Terdapat pemanis yang berfungsi sebagai kuah juga diperoleh dari hasil pengukusan itu. Kadang diberikan variasi dengan dicampur dengan buah nangka. Kue barongko sampai saat ini masih banyak ditemui dan laris manis di pasaran.

2. Putu Pesse
Kue yang satu ini sudah tergolong langka. Putu pesse bahannya terbuat dari beras yang digoreng kemudian ditumbuk halus. Bisa ditambahkan sedikit gula enau. Bahan itu kemudian dimasukkan pada cetakan sebesar suapan sendok, lalu dihidangkan.

Putu pesse ini sudah jarang ditemukan, kecuali jika ada acara pernikahan, sunatan atau khataman Alquran.

BJ Habibie dan sang istri, Hasri Ainun, memiliki pandangan berbeda mengenai rasa putu pesse. Diceritakan Andi Makmur dalam bukunya, di Jakarta, BJ Habibie pernah mendapatkan putu pesse dan langsung meminta sang istri mencicipi rasa kuliner kesukaannya.

Ainun lalu mencobanya, kemudian memberikan komentar ringan penuh keheranan. "Apa enaknya?"

Mendengar komentar sang istri, BJ Habibie lalu memberikan pembenaran atas komentar istrinya. "Memang benar apa yang dikatakan oleh Ibu Ainun, karena makanan itu belum pernah dicicipinya selama hidupnya. Berbeda dengan saya, bagi saya kue itu terasa enak sekali. Ternyata, apa saja yang dirasakan dan dialami manusia pada masa kecilnya akan terasa indah dan dikenang sampai tua. Demikian pula saya dengan kue Bugis itu."

3. Sanggara Bandang
Mirip dengan putu pesse, kue ini juga sudah tergolong langka. Sanggara Bandang dibuat dari bahan terigu, tepung beras, kemudian dicampur dan dibentuk persegi empat panjang. Ditengahnya disi pisang rebus, lalu dibungkus daun pisang kemudian dikukus.

Pada buku yang sama Andi Makmur Makka bercerita bahwa BJ Habibie punya cerita tersendiri soal sanggara bandang. Suatu waktu, Habibie dalam perjalanan ke Parepare untuk meresmikan Monumen Cinta Sejati Habibie Ainun, pernah tiba-tiba bertanya kepada sang wali kota. "Apakah sekarang masih ada kue Bugis sanggara bandang?"

Mendengar BJ Habibie bertanya soal sanggara bandang, Wali Kota Parepare saat itu langsung meminta meminta tukang masak untuk membuatkan kuliner yang sudah langka tersebut. Namun hasilnya tidak memuaskan.

Tatkala tiba di Kabupaten Barru, BJ Habibie lagi-lagi disuguhkan kuliner kesukaannya, sanggara bandang. Tapi, rasanya bagi BJ Habibie tidak senikmat sanggara bandang masa lalu.



(tyk)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif