alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Ratusan Orang Ikut Gerakan Bersih Laut dan Pantai di Pangkep

Muhammad Subhan
Ratusan Orang Ikut Gerakan Bersih Laut dan Pantai di Pangkep
Ratusan orang dari berbagai kalangan ikut meramaikan Gerakan Bersih Laut dan Pantai di Kabupaten Pangkep, Kamis (12/9/2019). Foto: SINDOnews/Muh Subhan

PANGKEP - Ratusan warga dari berbagai kalangan ikut serta membersihkan pantai di Dermaga Maccini Baji, Kelurahan Pundata Baji, Kecamatan Labakkang, Kabupaten Pangkep, Kamis (12/9/2019). Kegiatan ini bagian dari Gerakan Bersih Laut dan Pantai dari Kementerian Perhubungan.

Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas II Maccini Baji, Steady Lantang, mengatakan Gerakan Bersih Laut dan Pantai dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia dalam rangka Hari Perhubungan Nasional. Kegiatan ini dicatat masuk dalam rekor MURI.

"Dari data peserta, yang hadir di sini 700 orang lebih. Pesertanya dari kami sendiri UPP Maccini Baji, kepolisian, TNI, PT Semen Tonasa dan pelajar dari SD sampai SMA," kata Steady.



Kegiatan ini mengambil tema 'Laut Bersih Bikin Baper'. Steady menyebut tujuan kegiatan untuk mengurangi sampah plastik di pantai dan laut. Dari data Badan Pusat Statistik, sampah plastik di Indonesia mencapai 64 juta ton per tahun, dimana sebanyak 3,2 juta ton merupakan sampah plastik yang dibuang ke laut dan berbahaya bagi keberlangsungan ekosistem di laut.

"Kegiatan ini bertujuan mengedukasi masyarakat untuk mengurangi dan tak lagi membuang sampah plastik, khususnya di laut. Mari menjaga kebersihan lingkungan dan mempertahankan apa yang kita lakukan hari ini," ucapnya.

Kepala Dinas Perhubungan Pangkep, Abbas Hasan, yang mewakili Bupati Pangkep menyampaikan apresiasi pemerintah daerah terhadap kegiatan ini. Menurutnya sebagai kabupaten dengan wilayah 60 persen laut, seluruh pihak tidak boleh abai terhadap masalah kelautan.

"Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini. Kami berharap kegiatan ini meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan pantai dan laut kita," kata Abbas.



(tyk)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif