DPRD Bulukumba Usulkan Perampingan OPD untuk Menghemat Anggaran

Selasa, 26 Januari 2021 - 13:18 WIB
loading...
DPRD Bulukumba Usulkan Perampingan OPD untuk Menghemat Anggaran
Suasana depan kantor DPRD Bulukumba. Dewan mengusulkan agar ada perampingan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkup Pemkab Bulukumba. Foto: Istimewa
A A A
BULUKUMBA - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bulukumba, berharap agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba melakukan perampingan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Fraksi Golkar DPRD Bulukumba menilai jika perampingan sangat dibutuhkan untuk memacu pembangunan daerah yang lebih progresif dan menyamai daerah lainnya.

“Bahkan lebih dari itu, perampingan OPD dipastikan akan menghemat anggaran daerah,” kata Anggota Fraksi Golkar , Abu Thalib, Senin, (25/01/2021) kemarin.



Politisi senior menilai jika gemuknya OPD membuat proses pembangunan terbangkalai. Di mana banyaknya sebaran anggaran akan berdampak pada keterlambatan penyelesaikan pembangunan.

“Di masa Bupati Zainuddin Hasan, jumlah OPD hanya 26. Kala itu, jumlah uang yang bisa dihemat mencapai Rp200 Miliar,” ujarnya.

Saat ini, jumlah OPD dilingkup pemerintahan Bulukumba sebanyakn 39 OPD. Jumlah itu dianggap membebani keuangan daerah. Sehingga perampingan sangat dibutuhkan untuk melakukan penghematan.

Abu Thalib menerangkan, jika perampingan OPD dilakukan, maka pemerintah akan menghemat anggaran sebanyak Rp200 Miliar yang dapat diperuntukkan untuk mengaspal jalan sepanjang 40 kilometer.

“Juga bisa digunakan untuk pemeliharaan jalan sehingga jalan menjadi mulus. Serta, bisa digunakan untuk menyelesaikan pembangunan jembatan yang terbengkalai,” bebernya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1369 seconds (0.1#10.140)