alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Gerakan Bersih Laut Dari Sampah Plastik Mulai Digalakkan di Palopo

Chaeruddin
Gerakan Bersih Laut Dari Sampah Plastik Mulai Digalakkan di Palopo
Pemkot Palopo mulai menggalakkan gerakan bersih laut dari sampah plastik. Foto: Sindonews/Chaeruddin

PALOPO - Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo, mulai menggalakan gerakan bersih laut dan pantai dari sampah plastik.

Dengan menggandeng aparat TNI, Syahbandar Palopo serta perbankan, Pemkot Palopo kemarin turun membersihkan laut dan pantai dari sampah plasti yang mengapung.

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan, Rachmat, kegiatan yang mereka laksanakan juga merupakan tindak lanjut instruksi Direktur Jenderal Perhubungan Laut.



"Intruksinya tentang pelaksanaan gerakan bersih laut dan pantai di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dalam rangka peringatan Hari Perhubungan Nasional atau HARHUBNAS tahun 2019," katanya.

Khusus pada kegiatan Kamis, (12/9/2019) siang, Pemkot Palopo bersama Bank BRI dan Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas II Palopo memunguti sampah plastik di sekitar Pelabuhan Tanjung Ringgit.

Dalam apel gerakan Bersih Laut dan Pantai, Rachmat, mewakili Wali Kota Palopo, mengatakan kegiatan mereka juga dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia.

"Gerakan Bersih Laut dan Pantai ini dilatarbelakangi oleh adanya fakta bahwa Indonesia merupakan negara penyumbang sampah plastik ke lautan terbesar kedua di dunia," katanya.

Disebutkan Kadis Lingkungan Hidup dan Kebersihan, data dari Asosiasi Industri Plastik Indonesia (INAPLAS) dan Badan Pusat Statistik (BPS), menyebutkan sampah plastik di Indonesia mencapai 64 juta ton/tahun. Dimana sebanyak 3,2 juta ton merupakan sampah plastik yang di buang ke laut.

"Padahal kita tahu sampah plastik begitu berbahaya bagi keberlangsungan ekosistem di laut. Untuk itu, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perhubungan bertekad dan menargetkan penurunan sampah plastik di laut hingga 70 persen," ungkapnya.

"Melalui gerakan ini, kami mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bersama-sama membersihkan laut dan pantai di sekitar kita dari sampah agar mengurangi dampak pencemaran dan kerusakan lingkungan," tambahnya.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif