alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Nurdin Abdullah: Limbah Plastik Sudah Sangat Menghawatirkan

Syachrul Arsyad
Nurdin Abdullah: Limbah Plastik Sudah Sangat Menghawatirkan
Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah. Ia menyebut limbah plastik sudah sangat menghawatirkan. Foto: Istimewa

MAKASSAR - Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah, mendorong pengurangan penggunaan plastik, bahkan ia menyebut limbah plastik ini sudah sangat mengkhawatirkan.

"Limbah plastik sudah semakin mengkhawatirkan dan menjadi musuh bersama. Jadi setop menggunakan plastik," imbau Nurdin.

Mantan Bupati Bantaeng dua periode itu mengemukakan, dirinya saat ini juga mengurangi konsumsi air kemasan plastik dengan membawa tumbler atau botol berisi air minum ke mana-mana.



"Jadi kita mulai dari diri sendiri, kemudian ditularkan ke orang lain. Sederhana, tapi kalau kita berkomitmen, hasilnya akan terlihat," ungkapnya.

Orang nomor satu Sulsel itu bahkan melibatkan Tim Penggerak PKK untuk menyosialisasikan program penanggulangan limbah plastik.

Ketua Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Sulawesi Selatan, Liestiaty F Nurdin bahkan mengeluarkan surat edaran untuk pengurangan sampah plastik bernomor 19/SE Skr/PKK Prov/II/2019, bertepatan dengan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019 lalu.

"Kami mengimbau kepada seluruh lembaga pemerintah, BUMN, komunitas, dan unsur pemerhati lingkungan di Sulsel untuk mengurangi penggunaan sampah plastik saat menyelenggarakan kegiatan atau seremonial," kata Liestiaty di Makassar.

Dia mengatakan, peraturan ini merujuk pada Undang-undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah, PermenLH 81/2012 tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga, dan Perpres 97/2017 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook