alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Parpol Larang Bakal Calon Kandidat Tempuh Jalan Pintas ke DPP

Muhaimin Sunusi
Parpol Larang Bakal Calon Kandidat Tempuh Jalan Pintas ke DPP
Partai Politik berharap para bakal calon tidak menempuh jalan pintas ke DPP. Foto: Sindonews/Ilustrasi

MAKASSAR - Sejumlah partai politik menekankan kepada para calon kandidat yang ingin diusung, agar tidak menempuh jalur pintas yang langsung ke pengurus pusat.

Namun harus terlebih dahulu terjaring di DPC atau pengurus cabang di kabupaten/kota.

Empat parpol yang berharap demikian yakni Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Amanat Nasional (PAN) dan Demokrat. Para parpol ini meminta agar bakal calon untuk mematuhi mekanisme penjaringan yang telah ditetapkan. Wajib mendaftar di tim penjaringan yang dibentuk oleh pengurus cabang.



Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPW PKS Sulsel, Sri Rahmi menegaskan bahwa setiap figur yang ingin mengendarai partainya wajib mengikuti prosedur yang ada. Yakni mendaftar di sekretariat DPD kabupaten/kota masing-masing.

“Jadi PKS disiplin dalam hal prosedur. Tidak bisa (melanggar). Yakinlah kandidat yang langsung mendaftar di level DPW dan DPP gak bakal dilayani. Pasti bakal dikembalikan ke DPD-nya,” kata Sri Rahmi saat ditemui di salah satu rumah makan di Makassar, Jumat (13/9/2019).

Dia bahkan menggaransi bahwa prosedur tersebut merupakan instruksi dari DPP. Dimana setiap figur tak boleh mengambil jalan pintas.

DPD kata dia, hanya bertugas menjaring nama-nama. Tak boleh memangkas. Hanya DPW yang bisa merampingkan daftar nama bakal calon usungan PKS.

“Saya memberikan garansi itu tidak ada (figur langsung ke DPP). (Jika ada) kami akan mengembalikan ke DPD. Semua yang mendaftar di DPD PKS disampaikan ke DPW. Misalnya 10 yang mendaftar di DPW, maka 10 juga yang disampaikan ke DPW,” paparnya.

Wakil Ketua Komisi A DPRD Sulsel ini menuturkan, DPP PKS telah mengintruksikan DPW dan DPD seluruh Indonesia untuk segera membentuk tim penjaringan. Mengingat tahapan Pilkada 2020 telah dimulai per September ini.

“Khusus PKS pendaftaran secara umum dimulai per awal Oktober mendatang. Jadi bagi kandidat yang ingin maju, silakan mendaftar di sekretariat DPD PKS masing-masing. Tapi ingat, DPW tidak menerima pendaftaran (khusus Sulsel),” tandasnya.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook