alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

3 Kepala Negara Akan Bertemu untuk Membahas Krisis di Suriah

Berlianto
3 Kepala Negara Akan Bertemu untuk Membahas Krisis di Suriah
3 Kepala negara akan membahas kondisi kirisi di Suriah. Foto: Istimewa

ANKARA - Tiga kepala negara termasuk Presiden Iran Hassan Rouhani akan menghadiri pertemuan tiga pihak di Ankara guna membahas resolusi politik untuk krisis Suriah.

Rouhani akan bertemu dengan kompatriotnya dari Rusia Presiden Vladimir Putin dan Presiden Turki Recep Tayyep Erdogan.

Ketiga pemimpin itu akan membahas perkembangan terakhir di Suriah, khususnya masalah di Provinsi Idlib, selama pertemuan puncak tiga pihak itu. Hal itu diumumkan langsung oleh Erdogan dan pembantu senior Kremlin.



Erdogan setelah salat Jumat mengatakan bahwa, ia akan membahas perkembangan terbaru di Idlib pada pertemuan tiga pihak dengan para pemimpin Rusia dan Iran.

"Kami akan terus membahas perkembangan di Idlib, termasuk pos pengamatan dan perang melawan organisasi teror," kata presiden Turki itu seperti dikutip dari Press TV, Jumat (13/9/2019).

Sementara pembantu senior Kremlin, Yuri Ushakov, mengatakan ketiga pemimpin akan berunding tentang "situasi sulit" di Idlib.

Ankara dan Moskow sepakat pada September lalu untuk mengubah Idlib dan beberapa bagian dari provinsi Hama menjadi zona de-eskalasi di mana tindakan agresi secara tegas dilarang.

"Dalam pertemuan nanti, Rouhani, Putin, dan Erdogan juga akan membahas perluasan kerja sama trilateral di berbagai bidang ekonomi," kata Parviz Esmaeili, wakil kepala kantor Rouhani.

Menurut Esmaeili, Rouhani juga akan mengadakan pertemuan bilateral terpisah dengan Putin dan Erdogan di sela-sela KTT.

Pertemuan tersebut akan diadakan dalam kerangka Proses Astana, sebuah inisiatif oleh Iran, Rusia, dan Turki yang memediasi negosiasi perdamaian antara perwakilan dari pemerintah Damaskus dan kelompok-kelompok oposisi dalam serangkaian putaran yang diadakan di Ibu Kota Kazakhstan, Nur-Sultan (sebelumnya Astana) dan tempat-tempat lain sejak Januari 2017.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook