alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Lima Makanan Perusak Ginjal, Jangan Dianggap Remeh

Sri S Syam
Lima Makanan Perusak Ginjal, Jangan Dianggap Remeh
Meski enak dan lezat sejumlah makanan dan minuman ini ternyata tidak baik untuk kesehatan ginjal. Beberapa diantaranya juga bahkan bisa merusak ginjal. Foto : Ilustrasi

MAKASSAR - Meski enak dan lezat sejumlah makanan dan minuman ini ternyata tidak baik untuk kesehatan ginjal. Beberapa diantaranya juga bahkan bisa merusak ginjal.

Padahal manan dan minuman ini kerap menjadi santapan sehari-hari bahkan sudah menjadi makanan favorit. Apa saja makanan dan minuman tersebut? kamu harus tahu agar bisa menghindarinya sedikit demi sedikit.

1. Garam
Siapa sangka bumbu dapur ini membahayakan ginjal. Ya, garam sangat berbahaya jika mengonsumsinya terlalu banyak pada makanan. Sebab ginjal akan merespon dengan menahan air yang mengencerkan elektrolit dalam aliran darah. Hal tersebut akan menganggu fungsi jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh.



2. Minuman Bersoda
Kebiasaan mengonsumsi minuman bersoda dan minuman berenergi lainnya bisa mengakibatkan pembentukan batu ginjal. Menurut sebuah studi mengungkapkan bahwa mengonsumsi dua atau lebih minuman bersoda setiap hari bisa meningkatkan resiko penyakit ginjal. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk memperbanyak minum putih dibanding minuman berwarna lainnya.

3. Daging
Terlalu sering mengonsumsi daging bisa mengakibatkan kerusakan ginjal. Bahkan diet tinggi protein bisa menyebabkan atau menambah parah masalah ginjal karena metabolisme protein hewani yang terkandung dalam daging bisa menambah berat kinerja ginjal, sehingga ginjal kesulitan menyaring limbah dalam tubuh.

4. Kafein
Kafein yang terkandung dalam teh, soda, kopi dan makanan lainnya yang mengandung kafein bisa membebani kinerja ginjal. Sebab kafein dapat merangsang aliran darah yang bisa menambah tekanan darah dan stres pada ginjal. Terlalu sering mengonsumsi kafein dalam jangka panjang juga meningkatkan resiko terjadinya gagal ginjal dan diabetes.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif