alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Dewan Pengawas BPJS TK Dorong Mahasiswa Berinovasi di Era Digital

Suwarny Dammar
Dewan Pengawas BPJS TK Dorong Mahasiswa Berinovasi di Era Digital
Direktur Pengawas BPJS TK, Poempida Hidayatulloh, memberikan kuliah umum kepada 700 mahasiswa UMI Makassar di Auditorium Al Jibra, Sabtu (14/9/2019). Foto: Istimewa

MAKASSAR - BPJS Ketenagakerjaan (TK) bekerjasama dengan Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar menyelenggarakan kuliah umum untuk mahasiswa di Auditorium Al-Jibra Kampus UMI Makassar, Sabtu (14/9/2019). Dalam kegiatan itu, Direktur Pengawas BPJS TK, Poempida Hidayatulloh, tampil memberikan motivasi sekaligus inspirasi kepada sekitar 700 mahasiswa UMI Makassar.

Dalam materi kuliah umumnya, Poempida mendorong agar mahasiswa untuk selalu berinovasi dan mampu hadir dengan solusi dalam menghadapi era digital. Kata dia, perkembangan teknologi tidak serta merta menghapus kesempatan mahasiswa untuk terjun ke dunia kerja. Malah, itu menjadi tantangan sekaligus peluang.

“Mahasiswa sebagai generasi-generasi penerus bangsa harus memiliki inovasi dan solutif atau menciptakan inovasi dan solutif dalam menghadapi era digital," kata Poempida.



Lebih jauh, ia memaparkan pada era modern, teknologi semakin berkembang pesat. Saat ini di Jepang sendiri telah meluncurkan program Society 5.0. Nah, dalam bahasa Indonesia, society berarti masyarakat dan dalam KBBI, masyarakat adalah sejumlah manusia dalam arti seluas-luasnya dan terikat oleh suatu kebudayaan yang mereka anggap sama.

Lalu apa itu Society 5.0? Society 5.0 atau Masyarakat 5.0 adalah konsep teknologi masyarakat yang berpusat pada manusia dan berkolaborasi dengan teknologi (AI dan IoT) untuk menyelesaikan masalah sosial yang terintegrasi pada ruang dunia maya dan nyata.

Jadi pada dasarnya Society 5.0 merupakan era baru dalam kehidupan bermasyarakat yang sudah terintegrasi dengan sistem teknologi berupa IoT(Internet Of Things) dan AI (Kecerdasan buatan) yang dapat memproses big data dan menganalisa data tersebut

Sebagai contohnya, kata Poempida, di bidang pengiriman, bayangkan jika anda belanja online di internet, berapa hari anda harus menunggu untuk mendapatkan pesanan online anda? atau apakah kurir bisa sampai dengan cepat ke rumah anda, apabila rumah anda berada jauh dari pusat kota? ataupun tumah anda sulit dijangkau karena berada pada pegunungan?

Nah dengan teknologi Society 5.0 memungkinkan barang yang anda pesan secara online bisa sampai dengan cepat dan tepat sasaran, dengan bantuan teknologi AI dan IoT, sistem AI mengontrol Drone untuk mengirimkan pesanan anda sampai pada tujuan dengan cepat dan tepat.

"Hal-hal seperti inilah yang harus mulai dipikirkan dan ditanamkan kepada Generasi Muda Indonesia," tutup Poempida.

Pada kuliah umum tersebut juga diisi dengan Sosialisasi Program BPJS TK yang dibawakan langsung oleh Kepala Kantor BPJS TK Cabang Makassar, Dodit Isdiyono. Dalam pemaparannya, ia menyampaikan dalam kehidupan, kita semua pastinya beraktivitas.

Dalam melakukan aktivitas, apalagi aktivitas pekerjaan, kata dia, alangkah baiknya jika memiliki perlindungan jaminan sosial. Di antaranya yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian JKM, Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun (JP) agar kita semua merasa tenang dalam melakukan aktivitas tersebut.



(tyk)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook