alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

1.201 Lampu Tenaga Surya Bakal Terangi 20 Desa di Luwu Utara

Tim Sindonews
1.201 Lampu Tenaga Surya Bakal Terangi 20 Desa di Luwu Utara
Bupati Lutra Indah Putri Indriani dan Kadis PUPR Lutra Suaib Mansur memberikan penjelasan terkait bantuan 1.201 lampu tenaga surya di sejumlah desa tak tersentuh listrik. Foto: Istimewa

MASAMBA - Program Indonesia Terang untuk melistriki atau menerangi seluruh desa yang belum terjangkau PLN terus berjalan. Sasarannya yakni masyarakat yang tinggal di wilayah terpencil. Khusus di Luwu Utara (Lutra), tahun ini ada 1.201 unit Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) yang siap menerangi 20 desa yang belum tersentuh listrik.

Sejauh ini, sudah ada enam desa yang menerima bantuan LTSHE dengan jumlah 560 lampu. Enam desa tersebut adalah Desa Bangko Rampi 85 LTSHE, Desa Sassa Baebunta (108), Desa Uraso Mappedeceng (60), Desa Pombakka Malangke Barat (114), Desa Wara’ Malbar (109) dan Desa Waelawi Malbar (84).

Selain itu, masih ada sejumlah desa di Kecamatan Malangke, Tanalili, dan Seko yang akan mendapatkan bantuan serupa dalam waktu dekat.



Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Lutra, Suaib Mansur, mengungkapkan ratio elektrifikasi di daerahnya baru mencapai 70 persen. Hal itu tidak lepas lantaran beberapa wilayah di Lutra masuk kategori 3T alias terpencil, terluar dan terisolir, yang dalam belum terjangkau PLN.

“Rasio elektrifikasi di Luwu Utara berkisar di angka 70 persen atau di antara 100 KK, masih ada sekitar 30 KK yang belum menikmati listrik,” kata Suaib, dalam keterangan persnya kepada SINDOnews.

Guna mendongkrak rasio elektrifikasi itu, Suaib menyebut Pemkab Lutra mengusulkan bantuan LTSHE kepada pemerintah pusat melalui Kementerian ESDM. “Alhamdulillah, tahun ini ada 1.201 LTSHE kita dapatkan dan program ini terus berlanjut tahun depan,” pungkasnya.



(tyk)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif