alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pangdam: Jangan Sampai Asap Kebakaran TPA Antang Ganggu Penerbangan

Tim Sindonews
Pangdam: Jangan Sampai Asap Kebakaran TPA Antang Ganggu Penerbangan
Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Surawahadi, meninjau langsung lokasi kebakaran di TPA Antang, Kota Makassar, Senin (16/9/2019). Foto: Istimewa

MAKASSAR - Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Surawahadi, terjun langsung meninjau lokasi kebakaran di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Antang, Kecamatan Manggala, Kota Makassar, Senin, (16/9/2019). Kedatangan Pangdam disambut oleh Kepala TPA Antang, Rahim; Lurah Tanggamapa, Rasyid Razak dan Camat Manggala, Ansar Umar.

Kedatangan Pangdam guna memastikan kebakaran yang melanda areal TPA sudah diatasi secara tuntas. Pada kesempatan itu, ia juga memberikan arahan agar seluruh pihak, baik itu Dinas Pemadam Kebakaran maupun aparat Kodim, harus bergerak cepat, untuk memastikan kebakaran di lokasi pembuangan sampah tidak semakin membesar.

Orang nomor satu di Kodam XIV/Hasanuddin itu juga menekankan pentingnya upaya pencegahan dan gerak cepat menangani kebakaran. Terlebih, TPA Antang merupakan area yang dilintasi penerbangan. Jangan sampai, kata Pangdam, asap kebakaran di TPA Antang malah mengganggu lalu lintas penerbangan.



"Kita ketahui bahwa dampak asapnya sudah sampai di Kota Makassar dan ini relatif panjang. Untuk itu kita berharap kepada semua pihak yang terkait agar bisa segera mengatasi kebakaran ini secepatnya. Kita mencegah jangan sampai mempengaruhi penerbangan karena area ini merupakan perlintasan pesawat arah Maros," kata dia, Senin (16/9/2019).

Berdasarkan pantauan dan informasi yang diperolehnya di lapangan, Surawahadi menyampaikan warga sekitar TPA bergotong royong ikut memadamkan api yang membakar 6 blok pembuangan sampah seluas 13 hektar. Saat ini Blok A1-A2-A3-A4 dan B serta C yang sudah dapat dipadamkan, sedangkan Blok 2 dan 4 masih menyisakan titik api.

"Kami sudah meninjau sejauh mana penanganan pemadaman yang dilakukan oleh Dinas Pemadam Kebakaran Kota Makassar. Kalaupun hari ini apinya sudah mulai mengecil kita berharap nanti segera dapat dipadamkan kembali," pungkasnya.

Dalam peninjauan di TPA Antang, sejumlah pejabat Kodam XIV/Hasanuddin ikut mendampingi Pangdam Surawahadi. Di antaranya yakni Asintel Kolonel Inf Andi Asmara Dewa, Asops Kolonel Inf Renal Aprindo Sinaga, Aster Kolonel Arm Hari Wibowo, Kapendam Kolonel Inf Maskun Nafik dan Dandim 1408/BS Kolonel Inf Andryanto.



(tyk)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook