alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Soal Kebakaran TPA Tamangapa, Gubernur Sulsel: Makassar Butuh Insinerator

Syachrul Arsyad
Soal Kebakaran TPA Tamangapa, Gubernur Sulsel: Makassar Butuh Insinerator
Kebakaran terjadi di TPA Tamangapa, Minggu (16/9/2019) malam. Foto: SINDOnews/Maman Sukirman

MAKASSAR - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), HM Nurdin Abdullah menegaskan, Kota Makassar membutuhkan teknologi pengolahan sampah menjadi energi listrik atau penerapan waste to energy.

Hal ini dikatakan Nurdin sebagai solusi menanggapi polemik di tempat pembuangan akhir (TPA) Tamangapa Antang, Kecamatan Manggala, Makassar. Apalagi pasca terjadinya kebakaran hebat di lokasi itu pada Minggu (15/9/2019) kemarin.

"Kalau saya sih bahasakan insinerator, waste to energy. Masa' sebesar Makassar sebagai kota metro, kita nggak punya teknologi waste to energy," kata Nurdin yang ditemui di kantor Gubernur Sulsel, Senin (16/9/2019).



Dikatakan Nurdin, rencana ini sementara dicanangkan Pemkot Makassar yang dikerjasamakan dengan Suitomo Corporation, Jepang, untuk membangun pembangkit listrik tenaga sampah (PLTSa) di TPA Tamangapa.

"Kita akan bangun pembangkit listrik tenaga sampah. Kemarin itu udah jalan, sudah mulai feasibility study. Lingkungan kita ini tidak sehat. Makanya kita harus hadirkan pengelolaan sampah yang lebih sehat," papar dia.

Mantan bupati Bantaeng ini menambahkan, dalam waktu dekat pihaknya akan turun ke lokasi TPA Tamangapa pasca kebakaran di lokasi itu. Diketahui, meski api sudah berhasil dipadamkan namun masih menyisakan polusi asap yang mengganggu masyarakat sekitar.

Dirinya akan segera berkoordinasi dengan Pemkot Makassar mengatasi hal tersebut.

"Jadi kita mau turun kesana untuk mengatasi itu. Saya baru panggil pihak kebersihan Kota Makassar," pungkas Nurdin.



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook